Kamis, 29 Juli 2021

RESEP SAYUR CAPCAY RASA MANTUL ANTI RIBET

 Hai semuanya Assalamualaikum.. Kali ini saya akan membagikan resep capcay yang paling simpel, anti ribet, dan tentunya mantap rasanya. Langsung saja, bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu :  

Kembang kol 

Sawi 

Wortel 

Selada 

Bakso

Sosis 

Untuk bumbunya : 

4 siung bawang putih

2 buah kemiri

Setengah sendok teh merica

Setengah sendok teh garam

Gula pasir secukupnya


Untuk langkah-langkah membuatnya yaitu :

- Haluskan bumbu yang tadi ada bawang putih, merica, kemiri, garam dan gula pasir

- Panaskan minyak

- Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan 

- Setelah harum, tambahin air secukupnya 

- Masukkin gula pasirnya

- Lalu masukan wortel,bakso, dan sosisnya 

- Masak sampai empuk ya. 

- Tambahkan penyedap rasa, saya pakai Royco. Pakai sedikit aja

- Wortelnya sudah mulai empuk lalu masukan kembang kol dan sawi nya

- Aduk-aduk dan tunggu hingga matang

- Sayur capcay sudah siap disajikan. Bagaimana teman-teman sangat mudah sekali bukan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Selasa, 27 Juli 2021

RESEP SAYUR CECEK KUAH LONTONG ENAK DAN SIMPEL

Halo assalamualaikum semuanya.. Hari ini saya akan membagikan kreasi menu enak dari bahan cecek atau kulit sapi.

Langsung saja, untuk langkah pertama cecek dipotong-potong sesuai dengan selera ya. Selanjutnya rendam cecekbdengan air panas kurang lebih sekitar 10 menit. Sambil menunggu selesai direndam saya ulek bumbunya

cabe rawit tujuh butir 

cabe merah satu butir

kencur 1 potong 

bawang putih 2 siung 

bawang merah 6 siung 

Kemiri empat butir 

Ketumbar dan jinten masing-masing setengah sendok teh 

garam 1 sendok teh 

kaldu jamur tetengah sendok teh 

 Serai

Jeruk purut

Air 500 mili

1 sdm petis

 

Untuk langkah membuatnya : 

- Ulek hingga halus semua bumbu tadi dan Langsung aja ditumis hingga harum ya tumis nya pakai sedikit minyak aja 

- Kemudian tambahkan serai dan daun jeruk purut

- Tambahkan air. Saya pakai kurang lebih 500 mili. Masak hingga mendidih 

- Setelah itu tambahkan cecek yang sudah direndam dan dibilas hingga bersih 

- Tambahkan petis 1 sendok makan. Hal ini menambah sedap masakan ya temen-temen petis udang atau petis Kupang boleh. 

- Setelah mendidih tambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng biar makin sedap banget dan penyajiannya bisa sama nasi putih. Tapi kalau pengen lebih enak ini makanya sama lontong. 

- Sayur lontong cecek siap disajikan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Minggu, 25 Juli 2021

RESEP SAYUR CAPCAY KUAH KENTAL ALA RESTO

 Hai Hai semuanya Assalamualaikum.. Kali ini saya akan berbagi resep capcay ala resto kuah kental Ya teman-teman. Untuk bahan-bahan disini saya menggunakan : 

1 ikat sawi

Bunga kol ukuran sedang dipotong-potong 

Lima lembar daun sawi putih 

Satu buah wortel ukuran sedang

Ayam yang sudah direbus dan dipotong 

Bakso yang sudah diiris 

Untuk bumbunya saya menggunakan :

1 batang daun bawang dan seledri 

1 sendok makan kecap k'naan 

Setengah bawang bombay yang sudah diiris

5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan 

Lada secukupnya 

Saus tiram secukupnya

Setengah sendok teh garam 

1 sendok teh gula pasir 

1 sendok teh kaldu 

Satu sendok tepung maizena 

 

Untuk cara pembuatannya pertama-tama 

- Masak secukupnya air hingga mendidih lalu masukkan sayur wortel dan masak selama 2 menit 

- Setelah dua menit masukkan bunga Kol dan masak selama satu menit 

- Setelah itu masukkan batang sawi dan masak selama satu menit 

- Lalu masukkan sawi hijau dan sawi putih Masak hingga air mendidih

- Setelah itu bisa di angkat lalu tiriskan Hal ini bertujuan agar warna dari sayur itu tetap menarik 

- Selanjutnya Panaskan secukupnya minyak sayur kemudian masukkan bumbu halus yang sudah dihaluskan. Tumis sampai wangi 

- Kemudian masukkan bawang bombay lalu masukkan potongan ayam dan bakso untuk isian. kalian bisa gunakan sosis atau sesuai selera ya 

- Kemudian masukkan kecap ikan dan saus tiram 

- Tambahkan kan gula, garam, dan kaldu. Aduk-aduk hingga merata

- Setelah itu masukkan daun bawang dan seledri. Kemudian masukkan secukupnya air dan sayuran yang sudah direbus sebelumnya. 

- Masak sebentar aja sampai mendidih lalu masukkan tepung maizena aduk dan masak sebentar sampai mendidih 

- Lalu bisa kalian matikan api kompornya 

- Sayur capcay ala resto ini enak banget kuahnya kental ya teman-teman warna sayurannya juga cantik banget. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Jumat, 23 Juli 2021

RESEP SAYUR BAYAM BUMBU KUNCI TERMUDAH

Assalamualaikum semuanya.. Di kesempatan kali ini saya akan berbagi resep sayur bayam ala anak kos Yang pastinya nggak pake ribet dan juga cukup mudah. Karena ini enggak sampai 15 menit Udah selesai. 


RESEP SAYUR BAYAM BUMBU KUNCI TERMUDAH

Langsung saja, siapkan bahan-bahan yang diperlukan : 

1 ikat bayam 

4 siung bawang merah 

3 siung bawang putih 

3 siung temu kunci 

Labu (opsional) bisa pakai dan juga bisa tidak 

2 sdm gula 

Garam (secukupnya) 

 

Langsung saja cara untuk membuatnya : 

- Bawang merah dan juga bawang putih iris tipis-tipis 

- Lalu untuk kunci Jangan lupa di geprek 

- Panaskan air dulu lalu tunggu hingga airnya mendidih 

- Setelah airnya mendidih jangan lupa masukkan irisan bawang merah, bawang putih dan juga kunci 

- Setelah itu masukkan irisan labu dan juga tambahkan 2 sendok makan gula 

- Masukkan bayam yang sudah dicuci bersih 

- Masak dengan api sedang, cukup 3 sampai dengan empat menit

- Tambahkan garam secukupnya 

- Lalu tambahkan penyedap rasa 

- Setelah itu kita bisa koreksi rasa dari sayur bayam 

- Nah di sini kita bisa menambahkan bawang goreng ya biar aroma dari si sayur bayam makin sedap

- Sayur bayam nya siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Rabu, 21 Juli 2021

RESEP SAYUR BOBOR DAUN SINGKONG SANTAN MENGGUGAH SELERA

Hai Assalamualaikum semuanya… Kali ini aku mau berbagi resep sayur daun singkong yang mudah, sehat, dan enak. Langsung saja:


Siapkan Bahan – bahan yg diperlukan :

 1 lembar daun salam 

1 bungkus santan instant ukuran 65 ml 

1 ruas lengkuas geprek 

1 batang sereh yang sudah digeprek 

(Untuk bumbu halusnya terdiri dari) 

 3 buah cabe rawit 

9 buah cabe merah 

1 ruas jahe 

1 ruas kunyit 

3 siung bawang putih 

8 siung bawang merah 

3 butir kemiri 

¼ buah tomat 

½ sdt kaldu bubuk 

1 sdt garam 

2 sdt gula merah 

1 ikat daun singkong 

½ sdt ketumbar yang sudah di haluskan 

 

Untuk langkah membuatnya yaitu : 

- Pertama daun singkong dicuci bersih dulu, Kemudian didihkan air. Tambahkan ½ sdm garam. Lalu masukkan daun singkongnya dan rebus selama kurang lebih 20 menit. Matikan kompor, kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya siram daun singkong dengan air mengalir untuk menghilangkan uap panasnya. Lalu peras untuk mengurangi kadar airnya. Setelah itu iris daun singkong sesuai selera Kemudian sisihkan

- Kemudian haluskan bumbunya. Jangan lupa ketumbar dan juga tomat nya 

- Lalu Panaskan wajan dan tumis bumbu halus 

- Masukkan juga daun salam, lengkuas, dan sereh. Tumis hingga bumbu nya matang 

- Tuang 600 ml air. Saat hampir mendidih tambahkan santan instan, Garam, kaldu bubuk, dan gula merah 

- Aduk santannya supaya tidak menggumpal dan tunggu hingga mendidih 

- Selanjutnya masukkan daun singkong Dan aduk semuanya hingga merata 

- Masak beberapa saat dan jangan lupa kalian koreksi rasanya juga ya 

- Setelah itu angkat dan sajikan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Senin, 19 Juli 2021

RESEP SAYUR BENING BAYAM MENU SEHAT DAN HEMAT

Assalamu'alaikum, hallo teman-teman semuanya.. Gimana kabarnya hari ini Semoga semuanya sehat ya. Hari ini Saya mau berbagi resep Sayur Bayam Bening. Nah, gimana cara membuatnya langsung saja.


RESEP SAYUR BENING BAYAM MENU SEHAT DAN HEMAT


Siapkan bahan-bahannya antara lain: 

2 ikat bayam 

Air Kurang lebih 1 liter air 

5 buah bawang merah 

Dua siung bawang putih 

Kunci secukupnya 

Daun bawang yang kecil 1 batang 

Irisan jagung

Garam (secukupnya)

Gula pasir (secukupnya)

Kaldu jamur secukupnya (atau kalo kalian tidak suka pakai kaldu jamur Juga boleh)


Untuk Cara membuatnya:

- Pertama, tuang airnya ke dalam panci Lalu nyalakan kompornya 

- Kemudian masukkan jagung yang sudah dipotong agak kecil tadi 

- Sambil menunggu jagungnya agak matang, potong-potong bumbu-bumbunya

- Jika sudah mendidih masukkan bahan yang sudah dipotong-potong tadi 

- Nah, rebus kurang lebih 1 menit Baru masukkan bayam dan bumbu yang lain

- Selanjutnya masukkan masukkan garam, gula dan kaldu bubuknya 

- Tunggu sampai bayamnya matang 

- Nah, jika sayur bayam bening sudah matang matikan dulu kompornya Dan siap untuk disajikan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Sabtu, 17 Juli 2021

RESEP SAYUR ASEM VERSI SUNDANESE PEDAS MANIS NIKMAT

Hallo Assalamualaikum semuanya.. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep sayur asem khas Sunda yang rasanya pedes asem seger beda pokoknya dari sayur asem yang lainnya. Nah untuk bahan isiannya seperti sayur asem biasa saya pakai yaitu seperti berikut ini:

RESEP SAYUR ASEM VERSI SUNDANESE PEDAS MANIS NIKMAT


Bahan-bahan:

Labu Siam secukupnya

Daun salam secukupnya

Lengkuas 1 ruas

Buah melinjo secukupnya

Daun melinjo secukupnya

Kacang merah secukupnya

Kacang panjang 1 ikat

Jagung manis 1 buah

Nah untuk bumbu dan bahan yang dihaluskan 

2 sendok teh asam jawa 

Satu butir gula merah 

5 buah cabe merah 

2 trasi udang 

3 siung bawang merah 

2 sendok teh garam 

3 sendok teh kaldu jamur 

2 siung bawang putih

3 butir kemiri 

 

Untuk langkah membuatnya yaitu : 

- Yang pertama potong-potong terlebih dahulubbahan isiannya. Jagung manis, labu siam, dan kacang panjang

- Nah selanjutnya bumbu halusnya diblender antara lain kemiri, bawang putih, bawang merah, lalu masukkan juga terasi dan juga cabe merah 

- Nah kasih air sedikit dan Blender sampai halus

- Lalu masukkan semua bahan isiannya kedalam panci. Masukan jagung, labu siam dan juga kacang panjangnya 

- Setelah itu kasih air 

- Masukin juga kacang merah, biji melinjo, daun salam dan juga lengkuas yang udah digeprek terlebih dahulu 

- Setelah itu Nyalakan apinya dan rebus sampai mendidih

- Nah setelah mendidih langsung masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi 

- Setelah itu masukkan gula merah dan juga masukkan asem 

- Larutkan dulu dengan air ya biar biji-bijinya tidak ikut masuk

- Lalu kasih bumbu. Masukkan kaldu jamur dan garam 

- Yang terakhir masukkan daun melinjo nya dan diamkan sampai matang ya untuk proses masak sayur asem Ini kurang lebih selama 30 menit lumayan agak lama. 

- Nah setelah sudah mateng langsung angkat aja. Aroma Sayur Asem khas Sunda seger banget ya Apalagi ditambah dengan ikan asin goreng, tempe goreng dan sambel terasi ditambah dengan lalapan sesuai selera masing-masing. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Kamis, 15 Juli 2021

RESEP SAYUR ASEM ALA SURABAYA SEGER BENING DAN MUDAH

Hai teman-teman semuanya.. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hari ini saya akan membagikan resep sayur asem. Sayur asem yang saya buat ini sayur asem versi surabaya ya. Sayur asemnya bening dan seger tentunya. Untuk bahannya pun sangat simple mudah didapat dan tentunya murah.  



Siapkan untuk bahan-bahannya :

2 siung bawang putih 

3 siung bawang merah

1 buah tomat 

Daun salam secukupnya 

1 ruas lengkuas 

Asem jawa secukupnya

1 sdt garam

2 sendok makan gula pasir

Wortel 

Kecambah kedelai 

Kacang panjang 

Kubis / kol

 

Untuk langkah selanjutnya yaitu : 

- Didihkan air terlebih dahulu 

- Kemudian masukkan semua bumbu yang tadi

- Kemudian masukan sayurnya seperti wortel dan kecambah kedelai 

- Tunggu beberapa saat sampai sayurnya agak empuk 

- Selanjutnya masukkan kubis 

- Dilanjut dengan kacang panjangnya masukkan juga 

- Nah setelah semuanya agak empuk, Masukkan satu sendok teh garam 

- Kemudian ditambah 2 sendok makan gula pasir 

- Sambil diaduk sampai bumbu meresap

- Nah tunggu hingga matang, matikan kompor lalu taruh di wadah. Untuk membuat sayur asem nya sangat mudah dan cepat. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya


Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Selasa, 13 Juli 2021

RESEP SAYUR ASEM JAWA TIMURAN SUPER SIMPLE DAN ENAK

Halo Halo Assalamualaikum semuanya.. Hari ini kita akan membagikan resep dan juga cara membuat sayur asem ala jawa timuran ya.. Sangat mudah sekali dan rasanya dijamin mantul. Langsung saja..

Bahan-bahannya yang pertama disini aku menggunakan macam macam sayuran yang sudah dicuci bersih kemudian di potong-potong. 

RESEP SAYUR ASEM JAWA TIMURAN SUPER SIMPLE DAN ENAK


Bahan-bahan : 

2 ikat kangkung 

5 kacang panjang 

1 bungkus kecambah kedelai 

2 potong wortel 

Dua liter air 

 

Untuk bumbu bumbunya pakai yang simpel saja, antara lain :

4 bawang merah 

3 bawang putih

5 keping kemiri yang sudah di goreng 

 1 sendok teh garam 

10 sendok makan gula pasir 

2 tomat 

2 ruas lengkuas atau Laos

5 lembar daun salam, supaya nanti sayur asemnya sedap 

 

Untuk langkah yang pertama yaitu :

- Rebus airnya terlebih dahulu. 

- Sambil menunggu airnya direbus, siapkan ulekan. 

- Haluskan bumbunya yang tadi antrara lain bawang merah, bawang putih, kemiri dan juga garam. 

- Kalau sudah halus, masukkan ke dalam air yang sudah mendidih

- Kemudian tambahkan lima lembar daun salam, 2 ruas lengkuas, dua tomat yang sudah diiris-iris tadi dan rebus selama 5menit 

- Kemudian masukkan sayur-sayur nya. Yang pertama masukkan wortel, kemudian kacang panjang, kangkung dan yang terakhir dan kecambah kedelai.

- Aduk sampai sayurnya layu dan jangan terlalu matang 

- Kemudian tambahkan 10 sendok makan gula pasir dan aduk lagi. 

- Matikan kompornya kemudian siap untuk disajikan. Sangat simple dan mudah tentunya.. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Minggu, 11 Juli 2021

RESEP SAYUR ASEM JAKARTA SUPER KOMPLIT DAN MANTAP

Assalamualaikum teman-teman semuanya.. Untuk kali ini saya akan membagikan resep dan cara memasak sayur asem. Langsung saja siapkan bahan-bahan yang kita butuhkan

RESEP SAYUR ASEM JAKARTA SUPER KOMPLIT DAN MANTAP

(Siapkan bumbu halusnya)

20 buah cabe rawit putih 

2 buah cabe merah keriting

6 siung bawang merah 

1 siung bawang putih 

Setengah sendok teh terasi udang 

Satu ruas lengkuas 

Setengah sendok teh garam 

 

Langkah untuk membuatnya yaitu : 

- Ulek sampai bumbunya tadi. Untuk lengkuas bisa di geprek saja nggak perlu diulek halus 

- Selanjutnya didihkan air secukupnya kedalam panci 

- Kemudian tutup dan biarkan sampai mendidih. Kalo sudah mendidih, masukkan jagung manisnya dan rebus sampai jagung manisnya matang

- Kalau sudah matang jagung manisnya, selanjutnya masukkan kacang panjangnya yg sudah dipotong kecil-kecil. 

- Lalu masukkan juga bumbu halus yang sudah kita ulas sebelumnya 

- Kemudian masukkan juga asam Jawanya sekitar 2 sendok makan 

- Lalu aduk-aduk supaya semua bumbunya tercampur merata. Untuk penyedapnya boleh tambahkan garam sekitar satu setengah sendok tehd. Dan boleh tambahkan sedikit royco atau masako

- Aduk-aduk kembali Supaya rasanya tercampur merata. Jangan lupa untuk dites rasanya. Jika ada yang kurang boleh tambahkan penyebabnya apa yang kurang 

- Tunggu hingga matang. Jika sudah matang siap ditaruh diwadah dan disajikan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya.

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Jumat, 09 Juli 2021

RESEP SAYUR BOBOR BAYAM SANGAT SIMPLE DAN ENAK

Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh semuanya.. 

Kali ini saya mau berbagi resep sayur bobor bayam yang sangat simple dan juga super lezat. 

RESEP SAYUR BOBOR BAYAM SANGAT SIMPLE DAN ENAK

Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu : 

2 ikat daun bayam yang sudah dicuci bersih dan diiris 

1 bungkus santan instan ukuran 65 mili 

1 liter air 

(bumbu halusnya) 

4 siung bawang putih 

12 siung bawang merah 

2 butir kemiri 

1 ruas lengkuas (digeprek) 

7 cabe rawit 

1 sendok teh ketumbar bubuk 

1 setengah sendok teh garam 

1 sendok teh kaldu ayam bubuk secukupnya 

Gula merah 

 

Langkah-langkah untuk membuatnya yaitu : 

- Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri. Saya ulek (bisa juga di haluskan dengan cara diblender) 

- Selanjutnya siapkan pant 

- Kemudian masukkan air 

- Lalu masukkan bumbu halus. 

- Masukkan lengkuas yang sudah digeprek. Aduk merata dan Masak hingga airnya mendidih 

- Setelah air mendidih masukan santan, masak sambil terus diaduk dengan api kecil supaya santannya tidak pecah

- Jika santan sudah mendidih masukkan daun bayam 

- Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata 

- Jika daun bayam nya sudah layu, Masukkan garam, gula merah, kaldu bubuk dan juga ketumbar bubuk. Diaduk kembali hingga tercampur rata 

- Yang terakhir masukkan cabe rawit utuh 

- Sayur bobor bayam nya sudah matang 

- Kemudian pindahkan ke dalam wadah. Sayur bobor bayam merupakan masakan khas Jawa Timur yang banyak digemari oleh berbagai kalangan sangat cocok untuk menu sehari-hari dirumah apalagi saat tanggal tua kalian wajib mencobanya. Selamat mencoba dirumah dan semoga berhasil ya

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Rabu, 07 Juli 2021

RESEP SAYUR LODEH TEMPE DAN KACANG PANJANG

Halo assalamualaikum semuanya.. Dikesempatan kali ini saya akan berbagi resep sayur lodeh tempe dan kacang panjang. Dan Ini bumbunya simple banget cuma diiris-iris aja.


RESEP SAYUR LODEH TEMPE DAN KACANG PANJANG


Untuk bahan-bahannya siapkan : 

Tempe 

Kacang panjang kurang lebih 10 lonjong (potong seperti biasa) 

Serai 2 batang (digeprek)

Lengkuas 1 ruas (digeprek)

2 lembar daun salam 

6 siung bawang putih 

8 siung bawang merah

Cabai merah besar tiga buah 

Santan instan 1 sachet 

500 ml air biasa


Untk cara membuatnya yaitu : 

- Pertama potong dulu Tempenya. Untuk potongan Tempenya terserah aja ya mau potongan dadu juga boleh ini sesuai selera aja 

- Bawang merah dan bawang putihnya juga cukup di iris-iris aja nggak perlu diulek jadi ini simpel banget dan mudah. 

- Jika ingin sayur lodeh nya agak pedes, bisa di ganti dengan cabe rawit ya. Tapi hasil pakai cabe merah besar ini supaya warna sayurnya agak cantik ada merah-merahnya gitu. Kalau nggak mau pakai cabe besar bisa diganti dengan wortel 

- Lalu tumis dulu bawang merah dan bawang putihnya sampai harum dan agak kekuningan 

- Kemudian masukkan Tempenya dan tumis-tumis sebentar biar Tempenya menyerap minyak  

- Kemudian tambahkan setengah liter air atau 500 ml 

- Kemudian masukkan daun salam, dan serei yang sudah di geprek sama lengkuasnya yang sudah digeprek juga 

- Biarkan sampai airnya mendidih dan masukkan kacang panjangnya dengan cabai merah besarnya. 

- Aduk sampai rata dan jangan lupa diberi bumbu garam, sedikit gula dan kaldu ayam bubuk jika mau dan juga santan instan 

- Bila sudah tercampur rata, biarkan sampai kuahnya mendidih kembali dan kacang panjang juga agak sedikit lunak tapi jangan sampai terlalu lunak ya. 

- Jika sudah mendidih kuahnya dan kacang panjang sudah sedikit berubah warna, bisa di dangkat yang siap disajikan.

- Nah sayur lodeh tempe dan kacang panjangnya udah matang dan siap ditaruh dimangkok lalu siap dihidangkan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya.

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Senin, 05 Juli 2021

RESEP SAYUR BAYAM BENING SUPER PRAKTIS DAN MUDAH

Assalamu'alaikum, hallo teman-teman semuanya... Gimana kabarnya hari ini Semoga semuanya sehat ya. Pada kesempatan kali ini Saya mau berbagi resep Sayur Bayam Bening. 


RESEP SAYUR BAYAM BENING SUPER PRAKTIS DAN MUDAH


Bahan-bahannya yang perlu disiapkan yaitu : 

2 ikat bayam Sudah saya potong dan Sudah saya cuci bersih

Air kurang lebih 1 liter air 

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih 

Kunci yang sudah saya gepre

Daun bawang yang kecil 1 batang

Saya tambahkan  jagung, sudah saya potong kecil-kecil 

Garam, Gula pasir, Sama kaldu jamur (secukupnya) Atau kalo kalian tidak suka pakai kaldu jamur Juga boleh 

 

Untuk Cara membuatnya:

- Pertama, tuang airnya ke dalam panci Lalu kita nyalakan kompornya 

- Kemudian masukkan jagungnya 

- Sambil menunggu jagungnya agak matang, potong-potong bumbu-bumbu nya 

- Lalu masukkan bahan yang sudah dipotong-potong tadi Bumbu-bumbunya 

- Rebus kurang lebih 1 menit, Baru kita masukkan bayam dan bumbu yang lain 

- Selanjutnya masukkan bayam nya 

- Dan terakhir masukkan garam, gula dan kaldu bubuknya 

- Tunggu sampai bayamnya matang 

- Jika sayur bayam bening sudah matang, matikan dulu kompornya Dan siap untuk disajikan. Sangat mudah untuk yang baru belajar memasak bukan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya.

 

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Sabtu, 03 Juli 2021

RESEP SAYUR SOP SEDERHANA DAN HEMAT ALA RUMAHAN

Hai Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Halo teman-teman hari ini saya membuat sayur sop sederhana. Tanpa tambahan dan hanya sayur-sayuran saja. 


RESEP SAYUR SOP SEDERHANA DAN HEMAT ALA RUMAHAN


Untuk bahan-bahannya disini saya menggunakan:

Paket sayur sop seharga Rp3.000 isinya ada kubis, buncis, wortel, daun pre dan kentang.  

Daun saeledri 

Penyedap rasa

Untuk bumbu halusnya : 

Tujuh butir bawang merah 

5 siung bawang putih 

1 SDT garam 

1 SDT lada bubuk

1 SDT gula pasir

Micin secukupnya

1000 ml air


Langsung saja cara membuatnya: 

- Saya potong-potong dan goreng bawang merah dan putih sampai menjadi kecoklatan.  Fungsinya agar aromanya lebih sedap sayur sopnya. 

- Setelah itu taruh ke dalam cobek, tambahkan 1 sendok teh garam kemudian haluskan bumbu dengan ulekan.

- Tambahkan 1000 mili air. Gunakan api sedang saja

- Masukkan wortel, kentang, dan buncis. Masak sekitar lima menit. 

- Kemudian setelah lima menit, tambahkan bumbu halus yang sudah kita buat tadi.

- Setelah itu, masukan setengah sendok teh lada bubuk 

- Tambahkan micin secukupnya dan penyedap rasa.

- Lalu tambahkan satu sendok teh gula pasir. Aduk aduk sampai semua bumbu tercampur rata.  

- Kemudian masukkan kubis, masak sampai agak layu. Aduk-aduk setelah itu masukan irisan daun bawang pre dan seledri. 

- Aduk lagi, masak sebentar sampai daun pre dan seledri nya itu agak layu.

- Nah tunggu beberapa menit hingga matang.

- Sayur sop nya sudah siap disantap dan disajikan hangat-hangat dengan nasi dan lauk lainnya. Menu hemat,sederhana dan sehat buat masakan sehari-hari. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya.

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Kamis, 01 Juli 2021

RESEP / CARA MEMBUAT IKAN PARI ASAP KUAH SANTAN SEDAP

Halo guys Assalamualaikum.. 

Kali ini aku akan membagikan resep ikan pari asap kuah santan yang super enak dan simple. Langsung saja, siapkan.

RESEP / CARA MEMBUAT IKAN PARI ASAP KUAH SANTAN SEDAP

Bahan-bahan:

Ikan pari asap

Ketumbar, kemiri, lengkuas, jahe dan kunyit (secukupnya) 

Bawang merah 5 siung 

Bawang putih 3 siung 

Cabe rawit (sesuai selera)

Cabe kriting (sesuai selera)  

Daun bawang 

Daun salam 

Daun jeruk

Garam 

Penyedap rasa

Gula 

Santan instan 1b ngkus 

Air secukupnya 

Tambahannya boleh pakai tempe (di sini aku potong secara dadu ya)  

 

Untuk langkah-langkah membuatnya yaitu : 

- Haluskan untuk bumbunya seperti cabe bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe dan juga ketumbar

- Setelah itu, goreng terlebih dahulu ikannya. Digoreng hingga matang. Jika ikannya sudah matang, tiriskan

- Tambahkan garam di bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi. 

- Lalu masukkan untuk daun salam dan daun jeruknya, tumis hingga matang dan harum. Jangan lupa tambahkan gula dan juga penyebab 

- Setelah itu masukkan untuk ikan dan juga tempenya dan aduk hingga merata. 

- Tambahkan air secukupnya, masukkan untuk santan instan nya.

- Tunggu beberapa menit sampai ikannya matang.

- Mungut ikan parinya siap diangkat dan disajikan. Dijamin rasanya sangat enak dan menggugah selera makan. Selamat mencoba dirumah semoga berhasil ya.

 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)