Rabu, 21 April 2021

Membuat Frozen Food Untuk Bulan Ramadhan

Hai semua Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh di Artikel kali ini aku mau bikin frozen food ya,, masih dalam rangka spesial Ramadan. aku Akan bikin rolade daging sapi ini cocok sekali untuk menu sahur nanti bisa kita goreng atau di semur atau di rolade asam manis enak banget. gimana mau tahu cara aku bikinnya dan bahannya apa saja baca terus ya Artikelnya sampai selesai.


Disini aku akan menginfokan bahan untuk membuat kulit.

 

Bahan Kulit

 

·       3 butir Telur

·       1 sdm tepung maizena

·       ¼ sdt garam

·       5 sdm air

 

Bahan Isian

 

·       500 gr daging sapi

·       1 butir telur

·       5 sdm tepung roti

·       4 siung bawang putih

·       1 buah bawang bombai

·       2 siung bawang putih

·       ½ sdt ketumbar bubuk

·       2 batang daun bawang

·       1 sdt kaldu bubuk

·       1 sdt gula

·       ½ sdt garam

·       1 sdt lada bubuk

·       ¼ buah pala

 

Cara membuatnya

 

·         Pertama kita akan buat kulitnya dulu ini kita siapkan wadah lalu pecahkan 3 butir telur

·         Tambahkan 1 SDM tepung maizena

·         Tambahkan sedikit garam

·  Kemuadian masukkan air 5 SDM, lalu kita aduk hingga tercampur rata ya sampai tidak ada yang mengumpal.

·       Tuang sedikit minyak ke dalam teflon lalu ratakan dengan tisu ya, kalau sudah panas  akan kita masukkan telurnya tapi jangan lupa dikocok dulu ya telurnya, kita bagi menjadi 3 bagian supaya nanti jadinya 3 lembar.

·      Kita tunggu hingga matang kalau sudah kering, bisa langsung diangkat ya jadi nggak dibolak-balik langsung aja kita keluarkan.

·    Lakukan seperti tadi hingga telurnya habis. Beri lapisan setelah kulit telur yang sudah matang agar tidak menempel, Untuk melapisi nya Ini aku beri daun pisang ya supaya nggak lengket.

 

 

Cara membuat Isian

 

·  Sekarang aku akan haluskan dulu bawang putih, pala dan sedikit garam kemudian kita blender hingga halus.

·  Setelah halus sekarang akan aku tumis, Panaskan sedikit minyak tumis hingga harum Setelah bumbunya harum.

·    Masukkan bawang bombay yang sudah kita cincang kasar ini kita tumis ya hingga layu.

·  Kemudian masukkan juga daun bawang yang sudah kita potong kecil ya ini kita tumis lagi Hingga daun bawangnya juga layu ya kalau sudah kompornya kita matikan kita sisihkan dulu.

·  Sekarang aku akan haluskan daging sapinya masukkan ke dalam blender tambahkan 1 butir telur lalu ini kita haluskan.

·     Setelah itu masukkan bawang goreng, kaldu bubuk, ketumbar bubuk dan lada bubuk masukkan juga gula dan garam, tepung roti.

·         Jangan lupa bumbu bawang bombay dan daun bawang yang sudah kita tumis tadi ya

·         kita masukkan juga ini kita haluskan lagi Hingga dagingnya benar-benar halus.

·         Ambil satu lembar kulit kemudian kita beri daging ini dagingnya juga nanti dibagi 3 sama rata. supaya rolladenya juga besarnya sama. kemudian kita ratakan  untuk di bagian pinggirnya ini sengaja aku lebih kan supaya nanti kita mudah ya pembungkusnya

·         Gulung perlahan supaya kulitnya nggak sobek, kita sambil tekan-tekan supaya padat

·         Kemudian Siapkan daun pisang secukupnya yang terlebih dahulu sudah kita Panaskan di atas kompor kemudian kita ambil gulungan rolladenya. bagian ujungnya tekan-tekan sedikit ya kemudian kita gulung lalu ujungnya ini aku lipat sambil ditekan, kemudian kita sematkan ya menggunakan tusuk gigi, lakukan juga untuk di bagian Sisi kirinya lakukan hingga selesai.

·         Lalu siapkan kukusan kemudian ini kita masukkan, kukus selama lebih kurang 30 menit, setelah 30 menit rolladenya sudah matang. bisa kita angkat. ini daun pisangnya akan aku buka,

·         Keluarkan rolladenya, tiriskan hingga suhunya turun. kalau sudah dingin sudah bisa kita potong ya sesuai selera,

 

 

 

Rollade ini nanti bisa diolah lagi disemur atau digoreng di saus asam manis juga enak. disimpan di freezer ini awet banget bisa tahan berminggu-minggu. Jadi kita bisa simpan untuk stok selama bulan ramadan.

gimana Udah kan kalau kalian penasaran dengan rasanya kalian bisa sendiri dirumah ya. Mau makan enak enggak harus beli mahal kalian bisa membeli bahan-bahannya di dekat rumah kalian, bahanya pun sangat mudah di jumpai. semoga bermanfaat terima kasih 

 








Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Jumat, 16 April 2021

Takjil dengan Es Kuwut khas Bali

Hallo semuanya Assalamualaikum bulan ramadhan identik dengan menu kuliner yang sangat enak dan nikmat. makanan dan minuman pun beraneka ragam. di artiket kali ini aku mau membahas minuman yang sangat jarang di temui saat bulan puasa karna apa? karna minuman kali ini berasal dari pulau bali.

tak hanya mengelkan minuman es ini aku juga akan berbagi resep cara membuat es yang cocok untuk takjil yaitu Es Kuwut khas Bali yang terdiri dari kelapa muda isi melon dan jeruk nipis. ini sangat ekonomis dan cocok banget untuk di buat takjil, karna banyak banget dari kalian yang reques di bagikan resep es untuk takjil.



Bahan-bahannya

  1.  Sirup rasa melon

  2.  biji selasi secukupnya

  3.  1 buah melon

  4.  2 buah jeruk nipis

  5.  Es batu secukupnya

  6.  Air secukupnya

  7.  1 buah kelapa muda



Proses sebelum peracikan



  1. Pertama-tama bahan yang kita butuhkan adalah sirup rasa melon teman-teman bisa membelinya di supermarket.


  1.  siapkan biji selasih secukupnya kemudian kita tambahkan dengan air hanagat  biarkan biji selasihnya cepat mengembang.setelah biji selasih kita Rendam dengan air hasilnya akan mengembang dengan cepat dari pada dengan air dingin.


  1. selanjutnya siapkan 1 buah melon dan jeruk nipis selain jeruk nipis teman-teman juga bisa pakai jeruk lemon ya melonya kita kerok juga ya

Untuk jeruk nipisnya kita iris tipis-tipis

  1. siapkan satu buah kelapa muda, lalu kita kerok 

Kemudian campurkan dengan air kelapa nya dan tambahkan dengan air putih sampai perbandingannya 1 banding satu 

  1. menyiapkan bahan pelengkap atau isiannya. 

Untuk Bahan pelengkapnya siapkan sirup rasa melon,  kelapa muda beserta airnya, buah melon, jeruk nipis untuk dimasukkan ke dalam es nya, ya Dan ini untuk perasa nanti.


Cara meraciknya 


  • Oke sekarang kita masukkan satu-persatu bahan-bahannya ke dalam plastik gelas.


  • setelah kita memasukkan es batu ke dalam gelas kita tambahkan gula rasa melon.


  • terus masuk serutan kelapa muda beserta airnya dan

Buah melonnya


  • Dan masukan biji selasih secukupnya


  • untuk hiasanya kita masukan jeruk nipis


  • Dan beri perasan jeruk nipis supaya lebih seger



 

Nah ini dia hasilnya es kuwut khas Bali yang rasanya sangat enak segar manis dan ada rasa manis asamnyanya, pokoknya ini enak banget cocok banget sebagai pelepas dahaga atau sebagai takjil untuk berbuka puasa ini cocok banget. 

mungkin ada teman-teman yang sedang mencari ide usaha untuk jualan takjil ini cocok banget karena ini jarang yang jual dan pastinya banyak yang suka karena ini seger banget Oke teman-teman semoga Artikel resep  ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca dan dari pada kalian penasaran silahkan mencoba... wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 





Kamis, 15 April 2021

,

4 Macam Kue Kering Hanya Dengan 1 Adonan

Hai semua Assalamualaikum hadir lagi di artikel intan dapur.  kali ini aku mau share resep empat macam kue kering hanya dengan 1 kg tepung terigu. ingin tahu bagaimana caranya aku buat yuk simak artikelnya hingga selesai. tapi sebelumnya Jangan lupa untuk membaca artikel aku semuanya supaya teman-teman nanti tidak ketinggalan artikel aku selanjutnya Terima kasih.


Untuk bahan banyak sebagai berikut ya.... 

1. 1 kg tepung terigu Pro sedang

2. 100 gr tepung maizena

3. 100 gr keju parut

4. 760 gr margarin

5. 250 gr gula pasir

6. 30 gr susu bubuk

7. 4 butir telur

 

Cara pembuatanya :

·       Pertama dalam wadah masukkan 760 gram margarin.  kalau misalnya teman-teman ingin yang rasanya lebih enak lagi margarinnya ini bisa dicampur dengan butter.

·       Masukan juga 250 gram gula halus selanjutnya ini kita mixer hingga margarin dan gula halus nya tercampur dengan baik.

·       Selanjutnya masukkan 4 butir kuning telur, lalu kita mixer kembali.

·       Masukkan juga 100 gram keju parut lalu mixer kembali hingga semuanya tercampur rata.

·       Selanjutnya Masukkan 1 kg tepung terigu ini aku masukkan setengahnya dulu tambahkan juga 100 gram tepung maizena.

·       Lalu 30 gram susu bubuk selanjutnya ini kita aduk-aduk hingga tercampur rata dulu. Setelah semuanya tercampur rata.

·       Lalu kita masukkan tepung yang sisanya tadi lalu aduk aduk hingga semua tercampur rata karena kali ini kita buatnya lumayan banyak dan lebih mudah dan untuk memastikan semua tercampur dengan baik ini aku Aduk menggunakan tangan.

·       Adonan ini akan aku bagi menjadi 4 bagian. adonannya sudah aku bagi menjadi 4 bagian yang sama banyak. Untuk membuat 4 kue yang berbeda.

 

1.   Yang pertama cookies keju Sprinkle

 

·       Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan tipis-tipis margarine, taru sedikit adonan di atas plastik, lalu kita pipihkan untuk ketebalannya sesuaikan dengan cetakan yang kita gunakan.

·       Kita cetak Kemudian Tata di atas loyang dan begitu seterusnya lakukan hingga semuanya selesai.

·       Setelah semuanya di cetak olesi dengan campuran kuning telur dan susu kental manis lalu taburi atasnya dengan Sprinkle. setelah selesai ini siap di panggang di oven. Setelah oven tangkring nya panas ini langsung aja kita masukkan loyang nya kedalam. karena ini manggang nya 2 loyang sekaligus jadi manggangnya agak lama ini aku panggang selama kurang lebih 50 menit dengan api sedang cenderung kecil.

·       Di menit yang ke-25 nanti kita akan tukar posisi loyangnya. Agar matangnya merata.

 

2.   Adonan untuk kastengel

 Sama seperti tadi kita pipihkan adonannya dengan rolling, untuk ketebalannya sesuaikan dengan cetakan kastengel yang kita punya lalu langsung aja di tata di atas loyang yang sudah di beri sedikit margarin. setelah tercetak semua sama seperti tadi kita olesi dengan kuning telur.

·       Lalu seperti pada umumnya kastengel kita taburi atasnya dengan parutan keju.

·       Kemudian kita panggang di suhu 150 derajat Celcius api atas bawah selama kurang lebih 40 menit dan di 20 menit pertama kita akan tukar posisi loyangnya juga ya biar matangnya merata. seperti yang aku bilang tadi setelah 20 menit ini aku akan tukar posisi loyangnya lalu lanjut kita panggang selama kurang lebih 20 menit atau hingga dia matang. Setelah matang lalu kita angkat.


3.   kue putri salju

 Masih sama seperti yang tadi kita pipihkan dulu adonannya.

·       Kemudian cetak kemudian Tata di loyang setelah tercetak semua tanpa di oles.

·       Kemudian dipanggang menggunakan oven listrik selama 50 menit. jadi setelah 25 menit kita Panggang kita tukar posisi loyangnya lalu panggang kembali selama kurang lebih 25 menit atau hingga dia matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.Setelah matang lalu angkat.

·       Untuk kue putri salju nya dalam keadaan masih panas kita baluri dengan gula tepung supaya gulanya bisa merekat. untuk Baluran ya Ini aku gunakan gula tepung dan sedangkan untuk taburan atasnya nanti aku gunakan gula donat dan begitu seterusnya lakukan hal yang sama hingga semuanya selesai.

 

 

4.   cookies bola-bola coklat

 Ambil secukupnya adonan lalu kita bulatkan untuk berat per butirnya ini aku timbang sekitar kurang lebih 10 gram tapi untuk teman-teman boleh disesuaikan dengan selera ya.

·       Dan untuk cara dan waktu mangganya masih sama seperti yang pertama tadi ya.

·       Kemudian untuk cookies bola coklatnya Setelah dia benar-benar dingin baluri dengan coklat leleh.

·       Untuk atasnya boleh dihiasi dengan apa saja. untuk coklat leleh nya ini setelah dingin dia akan mengeras jadi kita tunggu dingin dulu baru kita simpan dalam toples.

·       Setelah kita tunggu beberapa menit coklatnya sudah keras kita simpan dalam toples.

 

 

 

 

Nah hanya dengan menggunakan satu adonan bisa menjadi empat macam kue kering yang enak dan lezat ada kastengel, Putri Salju, cookies keju sprinkle, dan cookies bola coklat. Ini juga sangat recomended untuk buka usaha kue kering di rumah ya, bahannya sangat murah dan mudah di jumpai di toko -toko dekat rumah kalian. Apalagi saat ini sedang kita sedang menyambut hari raya. Pasti kue ini sangat cocok untuk cemilan bersama untuk tamu, kerabat, keluarga besar di rumah. Tak hanya itu kue kering ini juga sangat cocok untuk oleh-oleh karna waktu simpannya juga bisa sampai 3 bulan.

Sekian dulu resep dari aku ya,, tapi jangan kawatir masih banyak lagi resep-resep yang akan aku share ke kalian jadi ikutin terus artikel aku ya...selamat mencoba

 

 

 



Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Selasa, 06 April 2021

Jajanan Viral Buka Puasa 2021 Eeg Roll

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

InsyaAllah hari ini kita akan  membuat ini jajanan takjil buka puasa. bisa juga buat ide jualan kalian di rumah semoga Artikel ini bermanfaat.

Sebentar lagi kita akan memyambut bulan yang sangat di nanti-nantikan yaitu bulan ramadhan karna bulan ramadhan biasanya banyak sekali makanan, minuman dan jajanan takjil yang sangat beraneka ragam. Dan saat bulan puasa banyak sekali penjual jajanan takjil di luaran sana. Tenang saja Kalian  bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus keluar rumah.

Langsung saja kita siapkan bahan-bahanya:

10 tahu putih

100 gram ayam yang sudah dicincang 3

1 batang atau satu biji wortel yang sudah diparut

100 gram kol kubis

1 Batang daun bawang

1 butir telur yang besar

3 siung b.merah

2 siung b.putih

¼ merica

2 buah kemiri

 

Cara membuat

1.   Langkah pertama ini Tahunya Saya mengunakan tahu harga 400an per bijinya. langkah pertama ini Tahunya kita halus kan kita bejek-bejek setelah tahunya halus.

2.   Langkah berikutnya ini kita masukkan bahan-bahan yang lain kita masukkan kubis kol lalu kita masukkan wortel yang sudah diparut ini saya menggunakan parutan keju perutnya.

3.   Lalu masukkan 100 gram Ayam fillet yang sudah di cincang cincang kemudian 1 batang daun bawang yang sudah diiris-iris

4.   kemudian ini siapin bumbu yang harus dihaluskan kemiri

kemudian bawang putih, bawang merah sama merica lalu kita haluskan saja menggunakan ulekan setelah halus.

5.   Kemudian masukan 1 butir telur.

 

6.   2 sdt penyedap rasa kemudian 1 ½ sendok garam kemudian 2 sendok teh gula pasir Nah setelah itu kita aduk-aduk atau kita oblok-oblok hingga tercampur merata kalau sudah mulai tercampur merata ini sudah tercampur merata

 

Bahan kulit

# 2 Butir telur

# 30 gram tepung maizena

# ¼ penyedap

# 6 sdm air

 

·       Kemudian langkah Berikutnya ini kita bikin adonan kulit, saya menggunakan tiga sendok makan tepung maizena 3 sdm full di tambah 6 sdm air kemudian tambah 2 butir telur kemudian tambahkan penyedap rasa kemudian kita kocok kocok atau kita aduk aduk hingga benar-benar tercampur merata.

setelah tercampur merata.

 

·       Langkah Berikutnya ini kita Panaskan telepon kemudian kita atasnya kita olesin pakai mentega boleh minyak juga boleh biar nggak lengket setelah kita ambil 1 centong adonan kulit lalu kita ratakan diteflon.

·       Tunggu hingga matang kulit telur tadi yang sudah kita buat lalu angkat lakukan langkah Berikut ini berulang-ulang hingga selesai.

·       Kemudian kita ambil kulitnya lalu beri adonan isianya di atas kulit tadi kemudian gulung perlahan-lahan lalu beri sedikit minyak di bagian akhir kulit supaya tidak lengket. Lakukan hingga selesai.

·       Langkah Berikutnya ini kita kukus 20 menit. kukus hingga benar-benar matang. kalau sudah mulai keras berarti tandanya sudah matang.siap untuk kita angkat. sebaiknya disimpan di kulkas biar teksturnya lebih keras dan gampang saat ini kemudian kita iris-iris Sebelum digoreng.

·       Potong sesuai selera lalu siapkan wajan Panaskan minyak kalau kita goreng menggunakan minyak panas api besar juga nggak papa cukup membaliknya cukup sekali balikan saja teman-teman biar gorengannya enggak hancur sekali balik saja Nah kalau sudah dirasa cukup matang kemudian siap untuk kita angkat.

·       Dan kita tiriskan hasilnya cantik warnanya kuning keemasan setelah selesai ditiriskan bisa disajikan menggunakan saus mayones biar lebih enak.

 

Jajanan ini juga bisa untuk ide usaha dan 1 lagi makanan ini juga cocok buat jajanan atau takjil buka puasa dan semua orang pasti suka. dari pada kalian penasaran ingin merasakan lezatnya makanan ini kalian lansung saja membuatnya selamat mencoba. semoga artikel ini bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Wassalmualaikum Wr.Wb.