Sabtu, 08 September 2018

Filled Under: ,

Cara Naik dan Cara Bayar Bis Suroboyo Bus Gratis Bayar Pakai Sampah Plastik

Cara naik suroboyo bus di Surabaya terbaru. Hallo para travellers dan iters tercinta. Maafkan mimin sudah libur nulis lumayan lama. Hari ini Intan akan membagikan cara menarik buat anda yang ingin melancong ke surabaya. 




Ya bener, hari ini saya akan membagikan cara naik suroboyo bus. Bus yang baru ini adalah kendaraan gratis yang menjadi kendaraan umum untuk masyarakat surabaya. Saya bilang gratis karena naiknya ga perlu uang tapi memakai sampah plastik saja.

Untuk lebih jelasnya tiket suroboyo bus adalah botol plastik yg sudah kosong. Agar anda tidak bingung bisa simak nih cara bayar suroboyo bus di bawah ini:

1. 3 buah botol aqua besar
2. 10 buah botol gelas aqua kecil
3. 5 buah botol aqua berukuran sedang


Nah lalu gimana cara bayarnya? Gampang banget. Anda masukkan 5 botol plastik tersebut ke tong sampah saat petugas bus memintanya. Jadi waktu naik bisnya, anda tinggal masukkan sampah di tempat yg sudah disediakan. Nanti akan dipandu sama petugas bisnya.

Kalau anda ingin Naik bus suroboyo ini anda bisa langsung naik di terminal purabaya di pintu keluarnya bus kota. Atau kalau ga tau arahnya dimana, anda bisa tanya saja sama orang - orang mangkal di terminal, kalau asli surabaya pasti tahu kok.

Di pangkalan terminal purabaya atau terminal bungurasih ini ada nanya loket sampah jadi disini anda bisa setor botol plastik sebanyak banyaknya untuk ditukar sama tiket naik bis. Jadi kalau anda sudah dapat tiket bisnya, setiap naik bis gak perlu lagi bawa sampah tinggal tunjukkan saja tiket yg sudah anda bawa.


Setiap satu tiket anda bisa nak bis sekali perjalanan. Tiket nanti berupa stiker bulet kecil, setiap kali nanik, maka tiket tadi akan di plong senagai tanda sudah digunakan untuk naik. Itu jika anda naik dari pangkalan bis tadi.

Beda lagi buat anda yang langsung naik bus suroboyo di halte. Selain di terminal, anda bisa langsung naik di halte bus yang ada di Surabaya. Jadi anda tinggal menyerahkan stiker yang anda punya (jika ada), kalau gak ada anda tinggal menyerahkan sampah plastiknya ke petugas.

Tiketnya akan dicetak sendiri setelah anda menyerahkan botol yg anda bawa. Di tiket tersebut ada barcode yg nantinya ketika akan turun akan di scan kembali dengan petugas bis.

Untuk rutenya adalah dari ujung purabaya sampai halte rajawali. Supaya lebih jelas anda bisa simak rute di bawah ini. Jadi intinya anda bisa menikmati layanan suroboyo bus selama anda menunggu di halte bus yg sudah menjadi rute bis ini.


Walaupun gratis, bis ini cukup keren, mewah, dan nyaman karena sebelumnya di Surabaya sendiri tidak ada bis yg senyaman ini. Kalau di jakarta mungkin sudah ada bus trans jakarta, tapi kalau surabaya bis unggulan adalah bus suroboyo. 

Ketika anda masuk nanti ada 3 jenis kursi. Kursi paling depan dikhususkan para wanita dan anak - anak, sedangkan penyandang cacat atau kakek2 bisa duduk di tengah. Untuk para lelaki, anda bisa duduk bagian belakang. 

Kalau menurutku sih enak duduk di bagian belakang bersama para pria karena tempat duduknya tinggi berbentuk seperti tangga gitu. Jadi lihat pemandangan lurus ke depan atau samping gak akan ketutupan sama kepala orang. Saya aja foto sampai kelihatan orang di belakang. Haha. 


Kalau mau turun, anda gak perlu khawatir. Ada bel yang bisa dipencet untuk menyetop bus atau langsung hampiri kondekturnya saja, lalu bilang mau turun di halte bus depan. Ow iya uniknya lagi bis ini sebelum sampai ke halte tujuannya, maka suara speaker langsung aktif dan memberi aba - aba pada para penumpang. 

Kalau ga salah bicaranya seperti ini, "Mari ngene mandek nang halte rajawali." Jadi pakai bahasa Jawa yang artinya "setelah ini anda akan sampai di hallte Rajawali", dan begitu pula seterusnya. 
Untuk yang mau turun supaya tidak jatuh jangan bersandar di pintu otomatis yg ada di tengah itu, dan jangan lupa pegangan di atas yg sudah disediakan. 

Di dalam bis juga full ac, full music, dan tersedia televisi yang menyiarkan tentang indahnya kota Surabaya. 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar