Kamis, 19 April 2018

Filled Under: ,

10 Cara Memilih Buah Alpukat yg Sudah Matang dan Enak

10 Cara memilih Alpukat yg Sudah Matang. Alpukat memang banyak yg suka termasuk Intan sendiri. Saya termasuk Avocado Lovers Indonesia. Untung saja negara Indonesia tercinta termasuk negara tropis jadi semua buah tumbuh subur termasuk Alpukat.

Alpukat adalah buah hijau dengan biji bundar besar di tengah. Buah lezat ini tergolong buah yg sangat sulit matang langsung di pohonnya. Jadi kebanyakan orang akan memetic buah Alpukat ketika buahnya sudah berukuran besar dan hijau.

Sehingga banyak yg menjual Alpukat mentah, setengah matang, yg matang dan sudah terlalu matang bercampur dalam satu wadah. Jadi membingungkan kita sebagai pembeli untuk memilihnya.

Jangan sampai kita sudah membayar mahal – mahal tapi buah alpukat yg kita dapatkan tidak sesuai dengan selera kita.


Contohnya seperti adik ipar saya yg oleh – oleh Alpukat dari Malang. Katanya sih murah makanya beli banyak. Namun ketika dibuka di rumah ternyata dagingnya sudah banyak yg busuk dan gak layak dimakan.

Tapi namanya sudah terlanjur jadi bagian yg busuk dan yg jelek disingkarkan saja. Sisanya dibuat es jus untuk diminum sekeluarga. Kalau dikerokin sih gak bisa dapat banyak per orang.

Untuk mengatasi hal seperti ini. Anda sebagai orang awam harusnya mengenal terlebih dahulu mengenai buah Alpukat supaya gak mudah ketipu sama penjual dan bisa memilih sendiri buah Alpukat yg berkualitas bagus dan memang enak dimakan.

So, tunggu apa lagi iters yuk kita simak cara memilih alpukat yg sudah matang di bawah ini:

1. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Pilih Warna Hijau Gelap Kecoklatan
Tingkat kematangan buah alpukat bisa dilihat dengan warna kulitnya. Jika anda melihat warna kulitnya masih hijau segar itu artinya Alpukat masih belum matang dan kita harus menunggu beberapa hari untuk memakannya.

Sedangkan jika warna kulit masih hijau dengan setengah gelap itu artinya alpukat masih setengah matang. Untuk dimakan ya masih setengah enak dan enggak. Hehehe


Nah buat Alpukat yg sudah matang sempurna, anda wajib mencari alpukat yg kulitnya sudah berubah warna ke Hijau gelap kecoklatan. Keseluruhan kulitnya sudah menunjukkan perubahan warna hijau gelap.

2. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Tekstur Buah Empuk
Sebelum membeli Alpukat, anda juga bisa memeriksanya dengan meraba tekstur buah alpukat tersebut. Rabalah atau sentuh saja dan rasakan dengan indera peraba anda.

Jika teksturnya sudah empuk, maka bisa jadi Alpukat tersebut sudah matang. Anda juga harus memegangnya dengan rata karena bisa jadi juga yg empuk Cuma sebelah.

Kalau Cuma sebelah khawatir itu bukan disebabkan oleh kematangan tapi disebabkan karena memar yg diperoleh dari jatuh atau matang / busuk duluan dibanding daging buah disekitarnya.

3. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Kulit Buahnya Mudah di Kupas
Untuk mengecek buah Alpukat sudah matang atau enggak, coba sekarang anda kupas kecil di bagian kulitnya dengan kuku saja. Jika kulitnya sudah mudah dikupas maka itu artinya alpukat sudah matang.

Tapi sebaliknya jika Alpukat anda dikupas sedikit namun masih sulit dan kulitnya terasa agak keras, bisa jadi alpukat anda belum matang sepenuhnya.

4. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Biji Buahnya Terlepas dari Daging
Alpukat yg sudah matang akan memberi tanda – tanda dari biji buahnya yg mudah terlepas dari daging buahnya sendiri. Namun untuk Alpukat yg belum matang, maka biji buahnya cenderung masih lengket dengan buahnya.

Cara mengecek buah alpukat melalui bijinya bisa cek langsung dengan membelahnya menjadi dua. Kalaupun anda tidak mau membelahnya, anda bisa menggoyang – goyangkan buah tersebut.

Jika berbunyi dan biji Alpukat seperti terlepas di dalam. Maka besar kemungkinan buah Alpukat yg anda pegang sudah matang dan bisa dinikmati.

5. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Lubang Bagian Bawah Berwarna Hijau
Apa anda sadar bahwa dibagian bawah buah alpukat ada sebuah lubang bekas tangkai pohonnya. Melalui lubang tersebut anda bisa melihat tingkat kematangan Alpukat.


Jika anda melihat sebuah lubang berwarna hijau artinya buah Alpukat di dalamnya sudah matang, namun jika anda melihat lubang tangkai masih berwarna coklat maka Alpukat masih belum matang.

6. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Kulit Buahnya Mengkilap
Satu lagi ciri khas dari kematangan buah Alpukat karena buah ini jika sudah matang akan memberikan efek mengkilap pada kulitnya.

Tapi jika anda tidak melihat efek kilap dan masih berwarna hijau atau kegelapan bisa bisa buah yg anda pilih belum matang dan terlalu matang untuk dikonsumsi.

7. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Buahnya Tidak Lembek
Anda bisa membedakan khan yg mana buah ALpukat yg empuk dan lembek. Yg matang adalah Alpukat dengan tekstur dagingnya yg empuk, sedangkan yg busuk adalah buah Alpukat dengan tekstur dagingnya yg lembek.

8. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Teliti Dengan Telapak Tangan Bukan Jari
Meneliti dengan Telapak tangan agar bisa meraba keseluruhan bagian alpukat dan bukan jari karena jika disentuh pakai jari saja maka merabanya juga gak optimal.

9. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Warna Dagingnya Kulit Lembut
Khusus cara nomer Sembilan ini, anda harus membelahnya menjadi 2 dulu agar bisa melihat. Warna dagingnya Alpukat yg sudah matang berwarna kuning dan teksturnya apabila disentuh terasa lembut di lidah.

10. Cara memilih alpukat yg sudah matang yaitu Bentuk Buahnya Tidak Kisut dan Keriput
Yang terakhir anda juga harus tahu ciri – ciri buah ALpukat yg busuk adalah bentuk buahnya kisut dan keriput. Jadi hindari membeli buah yg sudah punya ciri – ciri ini ya iters.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar