Kamis, 01 Februari 2018

Filled Under: ,

10 Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami

10 Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami - Semir sepatu anda habis iters?? Tenang gak usah panik sebenarnya banyak cara menuju Roma alias mengkilapkan dan menghitamkan sepatu anda yang kotor dan kusam dengan bahan - bahan yang ada di rumah. Pasti salah satunya anda punya dan memilikinya.

Hemm... punya sepatu kulit atau tas kulit memang enak karena selain awet dan gak gampang rusak, ternyata cara membersihkannya juga gak susah. Pantaslah kalau sepatu kulit dihargai mahal karena fungsi dan keawetannya memuaskan kita si pemakai.

Jadi walaupun anda sedang kehabisan semir karena tidak punya waktu untuk membelinya atau lagi bokek karena tanggal tua, anda masih bisa membersihkannya dengan cara ampuh namun sederhana.

Dengan begitu anda akan tetap bisa tampil rapi, bersih dan kece ketika bekerja. Gak perlu bolos karena malu sepatu yang anda pakai kotor dan kusam. Lalu bagaimana sih cara membersihkan sepatu tanpa sikat dan semir? 

Okay, pertama anda harus siap dengan bahan perangnya dulu. 2 buah lap bersih kalau gak punya bisa pakai baju yang sudah gak kepakai karena sobek atau sudah kekecilan itu lho. Setelah itu pilih salah satu bahan dibawah ini.

1. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Perasan Jeruk Lemon 

Jeruk lemon memang paling jago untuk alat bersih - bersih mulai dari cuci piring, cuci baju, bahkan hitamkan dan kilapkan sepatumu juga jadi ahlinya. 

Caranya juga cukup mudah, anda tinggal potong - potong jeruk lemon. Lalu peras airnya di atas sepatu, ratakan dengan sebuah lap sambil digosok - gosok. 

Kalau gak ada lap bisa pakai tisu atau kapas. Gosok dan peras sampai permukaan sepatu anda berkilauan dan hitam kembali.

2. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Kulit Pisang Bagian Dalam

Katanya netizen kulit pisang bagian dalam juga bisa membuat sepatu kulit anda kinclong. Saya belum coba sih, kalau anda sudah coba bisa review di komentar bawah ya. 

Caranya makan satu pisang, dan kulitnya jangan dibuang. Kulit pisang bagian dalamnya bisa digosok - gosokkan ke sepatu kulit anda supaya tampak berkilau dan indah kembali.

Kelemahannya pakai cara ini, biasanya akan ada kotoran bekas pisang yang tersisa, namun anda bisa hilangkan dengan usapan kapas dan lap yang anda miliki.

3. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh dan wajah anda. Namun ternyata bukan itu saja yang dimilikinya. Khasiatnya banyak termasuk untuk mengkilapkan sepatu anda yang kusam dengan mudah.

Anda hanya tinggal oleskan setetes demi setetes minyak zaitun kemudian gosok - gosokkan dengan lap sampai sepatu anda hitam seperti sedia kala. Yuk coba deh pasti manjur banget.

4. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Minyak Biji Rami

Apa anda tahu biji rami kalau belum tahu seperti saya, anda bisa lihat gambarnya di bawah ini. 



Yap itulah bentuknya, minyak biji rami ini bisa menggantikan semir sepatu anda yang habis. Caranya simple sekali, anda cukup tuangkan minyak biji rami ini ke sepatu anda sedikit demi sedikit lalu gosokkan dengan lap agar sepatu anda berkilauan kembali seperti permata.

5. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Bunga Sepatu

Anda tahu apa yang dilakukan orang jaman dahulu untuk sepatunya agar bersih, hitam dan berkilauan? Mereka menggunakan bunga sepatu untuk menyemir sepatunya. Yah mau gimana lagi pasti tahulah dulu belum ada semir sepatu seperti sekarang.

Yang perlu lakukan adalah dengan menghaluskan bunga sepatu dahulu, dan campur dengan air untuk mendapatkan sarinya. Peras - peras sampai air kental mirip minyak keluar. 

Hasil yang didapat tadi, bisa anda gunakan sebagai bahan pengkilap sepatu. Caranya cukup celupkan lap anda ke sari bunga sepatu, lalu gosok - gosokkan ke sepatu anda hingga berubah jadi mengkilap dan hitam.

6. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Minyak Goreng

Anda pernah mencoba kilapkan kulit anda dengan minyak goreng? Pasti pernah dong sengaja atau tidak sengaja waktu tangan anda memegang gorengan karena tidak ada tisu, lalu anda pakai inisiatif menggosokkannya ke kulit anda sendiri atau teman.

Sama seperti itu karena sepatu anda terbuat dari kulit walaupun itu terbuat dari kulit hewan tetap saja fungsinya bisa mengkilapkan termasuk sepatu kulit anda. Kalau tidak percaya coba gosokkan minyak goreng ke sepatu sekarang dan lap merata.

Eits tapi jangan pakai minyak goreng bekas memasak yah nanti sepatu anda kotor dan bau ikan. hehehe.

7. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Minyak Kelapa

Yang namanya minyak bermacam - macam dan minyak kelapa juga bisa mengkilapkan sepatu anda seperti minyak goreng. Caranya sama seperti minyak goreng di atas yah, jadi gak perlu saya jelaskan lagi.

8. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Minyak Telon

Minyak telon atau minyak kayu putih terkenal dengan baunya yang harum dan bisa meredakan sakit. Kalau anda tahu ternyata manfaatnya bukan itu saja tapi minyak kayu putih bisa mengkilapkan sepatu kusam anda.

Caranya tutulkan kapas ke minyak kayu putih, lalu usap - usapkan ke sepatu hitam anda supaya bersih dan hitam kembali. 

9. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Air Cuka

Air cuka adalah air yang enak kalau dibuat rujak madura. hehehe. Air cuka ini meskipun sifatnya panas kalau kena tangan, ternyata juga bagus dan cocok untuk membersihkan sepatu hitam anda yang kusam. 

Untuk membersihannya, anda hanya perlu cocolkan lap ke dalam larutan cuka dan usapkan ke atas sepatu kerja anda yang perlu penyemiran supaya hitam kembali seperti baru.

10. Cara Kilapkan dan Hitamkan Sepatu Kulit Tanpa Semir dengan Bahan Alami: Air Toner Pembersih Wajah

Kalau ini saya sudah membuktikannya sendiri di rumah. Saya suka membersihkan sepatu mama saya dan sepatu kerja saya tanpa semir melainkan dengan tuner pembersih wajah saya. 

Hasilnya juga gak kalah mengkilap dengan semir andalan mahal karena sepatu hitam anda akan bebas dari debu dan hitam serta kinclong cling cling. Anda cukup usapkan tuner pada kapas untuk diusap - usap ke sepatu anda.

Semoga bermanfaat ya. Baca selanjutnya: Resep cara membuat raindrop cake isi buah dan bunga ala Jepang. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar