Kamis, 22 Februari 2018

Filled Under: , ,

10 Cara Tidak Digigit Nyamuk Agar Tidur Anda Selalu Pulas

Nyamuk adalah hewan kecil bersayap dengan makanannya darah. Yah hewan kecil ini mirip banget seperti drakula makhluk astral yg suka makan darah manusia dengan menghisapnya leher manusia.

Bedanya dengan nyamuk. Nyamuk bisa makan darah manusia di sembarang tempat, entah itu di sikut, pipi, kaki, maupun tangan. Jadi lebih ganas nyamuk sih daripada dracula. Dracula mana ada nyedot darah di area lain seperti kaki misalnya. Khan aneh juga. Wkwkwk.



Walaupun kebanyakan nyamuk gak berbahaya, paling cuma gatel aja sama bentol – bentol. Tapi tetap kita harus waspada terutama pada nyamuk yang bisa menghilangkan nyawa seseorang dan membuat sakit luar biasa seperti nyamuk aides aygepti penyebab demam berdarah, cikungunya, dan malaria.

Nah untuk itu Intan akan memberikan sebuah cara membasmi nyamuk di rumah, agar iters senantiasa terhindar dari penyakit berbahaya serta bisa tidur nyenyak waktu malam hari.

Di tempat Intan sendiri di Surabaya, nyamuknya bukan nakal lagi tapi banyak banget padahal rumah saya itu ada di belakang. Ya mungkin aja karena ada selokannya kali yah. Kalau di tutupin juga bikin banjir karena air hujan gak bisa mengalir lancar.

Berdasarkan survey Intan, nyamuk kebanyakan kerja cari makan ketika malam hari. Waktu lapar laparnya mereka kisaran jam 12 malam ke atas, pas banget khan sama manusia yg lagi tidur. Yap mungkin nyamuk cerdik juga makanya pilih jam segitu untuk cari mangsa.

Supaya kalian tidak digigitin nyamuk waktu tidur cantik. Lebih baik pakai cara melindungi tubuh dari gigitan nyamuk ini deh untuk kesehatan keluarga anda di rumah, agar gak digangguin lagi sama predator kecil yg satu ini.

1. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Obat Nyamuk
Obat nyamuk ada banyak jenisnya diantaranya obat nyamuk bakar dan obat nyamuk elektrik. Kalau menurut saya mending gunakan obat nyamuk bakar daripada yang elektrik.

Pasalnya saya pernah coba pakai elektrik tapi berasa gak pakai apa – apa, nyamuk juga masih ada berkeliaran di sekitar saya. Mending deh pakai obat nyamuk bakar, meski kadang asapnya lumayan mengganggu tapi paling tidak bisa membunuh nyamuk dengan ampuh.

2. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Lotion Anti Nyamuk
Lotion ini cukup praktis digunakan. Hanya perlu dioleskan kepada kulit kita, utamakan yang tidak tertutupi oleh baju atau celana. Selain irit juga mlindungi kulit kita yang tanpa alas dari gigitan nyamuk.

Keuntungannya pakai lotion nyamuk, kulit kita juga akan bertambah halus, mulus dan wangi. Wanginya mungkin tidak disukai nyamuk, tapi masih termasuk menyegarkan kalau dihirup hidung. Supaya aman, gunakan pada saat mau tidur saja.

Tapi kalau anda ingin terlindungi di siang hari untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah, gunakan juga saat pagi hari setelah mandi.

3. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Kipas Anti Nyamuk
Saya kemaren lihat iklan televisi dan menurut saya produk elektronik ini sangat keren dan cocok untuk anda yaitu kipas anti nyamuk. Kipas ini berbeda dari kipas lain.

Bedanya di dalam kipas ini ada obat nyamuknya yang bisa anda pasang sewaktu menyalakan kipas. Obat nyamuk juga akan menyebar ke seluruh ruangan secara merata dengan bantuan kipas angin. Jadi andapun tidak perlu resah ketika nyamuk datang sehingga keluarga bebas dari gigitan nyamuk.

4. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Selambu
Tahu selambu gak? Iya yang bentuknya kayak tenda itu tapi berupa jaring jadi nyamuk gak bisa masuk dengan bebas. Jadi enak kalau tidur pakai selambu, nyamuknya gak bisa menggigit kita dari luar dan kita jadi bisa bebas leluasa bergerak di dalam selambu. Kita juga bisa melihat berapa aja nyamuk yang datang.



Kelemahan selambu ini, sekali bagian tangan anda menempel pada selambu, maka nyamuk akan menyerbu. Saya aja tadi malam sempat terbangun sahur, dan ternyata sikut saya penuh bentol dimakan nyamuk. Wah wah. Amannya di bagian pinggir selambu letakkan bantal supaya kaki dan tangan anda tidak menyentuh secara langsung pada selambu.

Bukan itu aja, selambu anti nyamuk juga cepet sobek kalau tidak dijaga dengan baik. Misalnya terkena gesekan meja atau kursi. Salah melipat maupun ga sengaja terkena benda tajam seperti gunting atau pisau.

5. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Membasmi Jentik Nyamuk
Kalau yang satu ini saya sudah bahas secara mendetail. Anda bisa baca postingan saya judulnya cara membasmi jentik nyamuk sampai ke akar – akarnya supaya nyamuk tidak muncul lagi.

6. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Spray Anti Nyamuk
Spray anti nyamuk juga ampuh membunuh nyamuk seketika tapi sayang tahannya cuma beberapa menit saja. Saran saya jangan beli anti nyamuk jenis ini. Saya saja sempat tergoda karena ada diskon besar produk spray anti nyamuk.

Namun ketika dipakai, nyamuk juga masih mendatangi saya kecuali spray tadi disemprot tapi kalau udah spraynya hilang, nyamuk nakal pasti tetap datang kembali kepada kita untuk menghisap darah. Spray hilang pun cuma hitungan menit, gak sampai jam – jam. Akhirnya spray tadi gak saya pakai lagi sampai sekarang.

7. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Bunga Anti Nyamuk
Dengan menanam bunga anti nyamuk di sekitar tempat tidur kita dan depan rumah seperti bunga lavender, bunga rosemary, bunga zodia, serai wangi, akar wangi, bunga kecombrang, dan lain lain. 


Maka rumah serta kamar kita pasti tidak didatangi nyamuk. Pasalnya mereka menghirup aroma bunga tersebut aja sudah enek dan muntah – muntah, gimana mau masuk? Iya atau enggak?

8. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Tutupi Badan Ketika Tidur
Kalau emang anda lagi kehabisan obat nyamuk dan tidak sempat beli. Saya sarankan anda memakai celana dan baju yang cukup tebal agar gigitan nyamuk tidak menembus ke kulit anda. Jauhi pakaian mini atau tipis seperti kaos u can see, dan celana legging.

Selain itu anda bisa pakai sesuatu kain untuk menutupi badan anda dari gigitan nyamuk. Misalnya selimut dan kain sarung. Bukan itu aja selendang juga bisa jadi alternatif terbaik untuk mencegah anda dari gigitan nyamuk.

9. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Warna Cerah
Nyamuk tidak suka dengan warna cerah seperti putih, kuning atau orange. Dia lebih suka warna gelap seperti hitam, coklat, atau abu – abu. Mungkin karena mereka suka bersembunyi pada warna seperti kulit mereka yaitu hitam.

So, supaya nyamuk jauh jauh dari anda, lebih baik cerahkan pakaian anda ketika malam hari, tembok juga usahakan berwarna cerah dan tidak gelap. Apalagi lampu ruangan pilihlah lampu putih yg terang, bukan kuning dan remang – remang.

10. Cara Tidak Digigit Nyamuk ialah dengan Raket Nyamuk
Alat yg satu ini adalah favorit saya dari sekian banyak cara karena saya bisa sekalian olahraga. Dengan raket nyamuk, kita bisa memukul nyamuk sekali kibas, sehingga nyamuk pun kesetrum seketika menjadi nyamuk panggang.

Bagusnya lagi raket ini bisa menimbulkan suara tes tes, dengan percikan api yang keluar ketika nyamuk kena setruman. Apalagi kalau nyamuknya sebajek, jadi nyalanya kaya kembang api dengan suaranya juga yg khas.

Harganya cukup terjangkau sih sekitar 45 ribu sampai 80 ribu rupiah. Kalau di Malang saya beli di pasar harganya cuma 45 ribu, sedangkan di Surabaya saya lihat di Mall harganya sekitar 70 ribuan ke atas. Entah yah kalau di pasarnya.

Sekian 10 Cara Tidak Digigit Nyamuk Agar Tidur Anda Selalu Pulas. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar