Minggu, 05 Februari 2017

Filled Under:

Tutorial Memasak dan Cara Membuat Kue Leker yg Renyah

Hello guys, jumpa lagi dengan Intan. Kali ini saya akan membuat tutorial membuat kue leker yang lezat. Tahu gak sih kue leker berasal dari mana? Kata wiki ternyata Leker berasal dari Surabaya.

Kue yang biasanya dijual di depan sekolah anak-anak ataupun dipinggir jalan. Harganya murah banget, ga nguras di kantong, rata-rata dibandrol dgn harga cuma 500 rupiah sampai 2000 rupiah.

Bahannya simple cuma tepung terigu, telur, susu dan pisang. Meskipun begitu rasanya enak, gak bosenin dan kriuk-kriuk di mulut. Kalau lihat dari pedagang yang buat leker ini. Rasanya gampang banget gitu ya. Tapi ternyata kalau udah masak sendiri rasanya sulit.

Resep Kue Leker:

  • Tepung Terigu 
  • Tepung Tapioka (Secukupnya yg penting lebih sedikit dari tepung terigu) 
  • Tepung Beras (Secukupnya yg penting lebih sedikit dari tepung terigu) 
  • Telur 1 Butir 
  • Gula dan Garam Secukupnya 
  • Vanili Bubuk 
  • Air Secukupnya 
  • Susu / Santan (Untuk penambah rasa gurih) 
  • Sedikit mentega untuk menggoreng 
* Tepung tapioka, tepung beras (penambah rasa kriuk), susu dan santan (penambah rasa gurih) ngga wajib ya, kalau dipakai tambah enak aja.
Campurkan semua bahan, kemudian jangan lupa adonan diencerkan, masukin air yang banyak sampai encer supaya leker tidak menggumpal dan semakin renyah, jangan lupa disebar ratakan dengan memutar-mutar adonan pada wajan teflon yang sudah dipanaskan.

Isian / Topping (Suka-suka):

  • Chocochip
  • Selai Strawberry 
  • Misis Cokelat 
  • Pisang 
  • Susu Cokelat 
  • Keju 
Setelah adonan berubah warna kuning-kecoklatan, ambil pisang dan bubuhkan ke dalam adonan, serta lumuri coklat dan selai, campurkan keju parut sesuai selera agar terasa lebih mantap. Setelah topping selesai, kemudian balik adonan hingga tertutup. Menjadi seperti ini.


Diatasnya supaya semakin menarik tambahkan keju parut dan chocochip coklat.

Kadang kue leker udah coba seperti resep di google, hasilnya juga macam-macam. Percobaan pertama Intan dulu. Resepnya biasa saja, cuma tepung terigu, tapi telurnya 3. Telur 3 itu ternyata membuat lembek adonan jadi kue leker percobaan pertama kami failed.

Sulit yang dimaksud ini hasilnya kalau pakai wajan teflon, kue leker bentuknya ga bisa sekriuk atau serenyah pakai wajan baja atau wajan putar. Setelah melakukan percobaan beberapa kali, Intan udah mengalami beberapa kegagalan. Untung aja bisa berhasil menggunakan resep di atas akhirnya. Hehe. Selamat mencoba :)

Baca Juga :

3 komentar:

  1. Klo pakai teflon hasilnya gmn mba...apa bisa crispy kyk d jualan" itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya gak maksimal kalau pakai wajan teflon, kadang bisa kriuk kadang ga.. jadi tergantung gmn kita ngolahnya.. kalau mau jualan mending pakai alatnya dulu. Biiar sipp..

      Hapus