Kamis, 07 November 2019

Resep dan Cara Mudah Membuat Donat Indomie Goreng di Rumah

Makanan yang satu ini identik dengan anak kos-kosan yaitu mie segala umat dan seleraku banget yaitu indomie goreng. 

Mie ini sangat mudah ditemui dan beredar di toko kelontong, toko kaki lima, mulai dari toko kecil sampai di supermarket besar.

Harganya-pun sangat murah. Mie instan ini disukai oleh banyak kalangan baik dari anak - anak hingga orang dewasa. 


Varian rasanya pun bermacam - macam. Ada rasa mie goreng original, sambel rica – rica, sambal mantah, rendang, ayam geprek, dan mi kuah dengan rasa soto, kare, baso, ayam bawang, dan masih banyak lagi.

Mie instan yang di produksi oleh PT Indofod CBP dibuat pada tahun 1972. Sampai sekarang semakin berkembang bahkan sampai di kirim ke luar negeri.

Di era modern ini banyak sekali usaha kreatif yang berkembang dengan bahan dari mie instan indomie goreng. Kenapa indomie goreng? karena mie instan inilah yang menjadi primadona dan rasanya paling nikmat dari rasa mie instan yang lainya.

Makanan yang sedang viral di instagram kali ini berbahan mie instan indomie goreng akan tetapi rasa dan tampilannya pun di ubah menjadi sebuah donat yang renyah dan gurih.

Makanan yang sedang naik daun ini, penjualannya pun sangat laris dan untungnya sangat besar. Banyak lapak baru yang menjual jajan ini dan sangat laku keras hingga antriannya sampai membludak kadang sampai kehabisan.

Harga makanan ini sangat bersahabat yaitu hanya 10 ribu rupiah. Pada awal penjualan mungkin harganya segitu, tetapi setelah banyak yang membeli dan cepat habis maka harganya sekarang menjadi 15 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah. Makanan ini pun tak hanya ada di indonesia di Australia juga ada yang menjualnya.

Kalian bisa membuat Donat indomie goreng di rumah.jika kalian tidak mau ngantri di kios yang menjual makanan ini. Karena membuatnya pun sangat mudah dan cepat.

Okay daripada diperpanjang lagi. Yuk kita siapkan bahan – bahannya.

- 1 bungkus indomie goreng.

- 2 butir telur.

- 250 gram tepung roti.

- 1 bungkus tepung bumbu.

- Keju mozarela.

- Sosis.

- Daun bawang.

- Tepung panir atau tepung roti.

- Cetakan donat ukuran besar

Cara membuat donat Indomie:
- Indomie direbus dahulu hingga matang setelah itu ditiriskan.

- Masukkan bumbu pada mie instan aduk hingga merata.

- Masukan keju mozarela, potongan sosis dan daun bawang secukupnya.

- Tambah kan 1 butir telur yang sudah di kocok. Aduk hingga merata.

- Tuangkan adonan ke cetakan donat lalu masukan dalam oven hingga adonan padat dan mengembang, angkat lalu keluarkan dari cetakan donat.

- Masukan donat ke dalam wadah yang berisi tepung bumbu, jangan lupa bolak balik.

- Lalu celupkan kedalam telur yang sudah di kocok, bolak balik hingga merata.

- Gulingkan di atas tepung panir sampai tertutupi semua bagian luarnya.

- Terakhir goreng donat dengan api sedang hingga berwarna keemasan.

- Angkat donat lalu tiriskan dan sajikan dengan tambahan saos sambal, dengan mayonais.

Selesai. Sangat mudah bukan? Kalian bisa mencobanya dan dijamin pasti ketagihan dan pengen membuatnya lagi. Selamat mencoba ya iters.

Jika ada kesulitan atau kurang mengerti. Silahkan berkomentar di bawah ya. Jangan lupa dibagikan ke teman – teman anda. Semoga berhasil. Good Luck!

Senin, 04 November 2019

,

Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Khas Jepang Yang Enak dan Mantap

Para kuliner pasti sudah merasakan makanan dari negara yang khas dengan pohon sakuranya yaitu Jepang.

>> Yuk kepoin cara unik merangkai tali sepatu di Jepang, supaya ga gampang copot dan keren selalu.

Di indonesia banyak sekali makanan makanan dari negara Jepang. mulai dari sushi, takoyaki, ramen, okonomiyaki, salad gurita dan masih banyak lagi.


Akan tetapi kita akan mengulas makanan yang bernama Okonomiyaki.

Okonomiyaki adalah salah satu varian makanan khas Jepang. Tentu saja makanan ini sudah tidak asing di lidah kita karena rasanya hampir mirip dengan martabak asin cuma cara penyajiannya aja beda.

Apa anda tahu perbedaannya martabak telur dengan okonomiyaki? Saya salah satu penyuka makanan ini. Jadi udah pasti mengerti dari segi bentuk dan dalamnya.

Okonomiyaki terbuat dari tepung, telur, isian sosis, daging, gurita dan kubis. Dengan penyajian saus tomat, saus pedas, dan mayonais putih. Terakhir diatasnya ditaburi katsubushi.

Sedangkan martabak indonesia tidak ada kubisnya, yang ada adalah tepung, telur, isian daging ayam, daging sapi, bawang pre, dan penyajiannya ga pakai saus, cuma cabe dan timun acar.

Makanan Jepang ini sekarang banyak dijual di restoran Indonesia bahkan ada yang menjual di lapak-lapak kaki lima. Walau masih bisa dihitung dengan jari.

Di Surabaya dan Malang saja yang menjual Okonomiyaki bisa dihitung pakai jari, sedangkan martabak telur hampir dimana – mana juga ada.

Padahal dari segi harga, makanan ini sangat terjangkau dan harganya hampir sama seperti martabak telur di Indonesia yaitu harganya mulai dari 20 ribu sampai 50 ribu. Tergantung isiannya ya.

Di Jepang sendiri okonomiyaki mempunyai dua varian rasa yang berbeda. Yang pertama adalah okonomiyaki ala Hirosima dan yang kedua adalah okonomiyaki ala Kansai.

Okonomiyaki ala Hirosima, cara membuatnya seperti penekuk, irisan kol disebar di atas penggorengan sedangkan okonomiyaki ala Kansai cara membuatnya seperti fuyunghai irisan kolnya di campur dengan adonan.

Namun kita pilih yang lebih mudah saja ya. Jadi hari ini kita akan membuat okonomiyaki ala kansai karena cara pembuatannya di campur jadi satu di dalam adonan lalu di masak.

Walau bukan masakan Indonesia, tetapi bahan masakannya mudah ditemukan, jadi memasak okonomiyaki sangat mudah.

Mungkin yang langka hanya katsubushi, untuk katsubushi anda bisa mencari di supermarket khusus impor seperti lailai kalau di Malang. Kalau ga mau ribet lagi, anda bisa mencarinya di online shop seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak.

Okay deh... daripada terlalu panjang lebar, yuk kita mulai masak bersama Intan Tutorial.

Bahan bahan
· 100 gram kol putih
· 3 batang daun bawang
· 2 buah wortel
· 6 sdm kaldu
· 50 gram terigu
· Nori secukupnya
· 2 butir telur
· Katsuobushi secukupnya
· Garam secukupnya
· Gula secukupnya

Bahan untuk cream saos

· 2 sdm saus tiram
· 3 sdm kecap inggris
· 4 sdm saos tomat

Bahan tambahan

· Baby gurita
· Saos sambal
· Mayonaise

Cara memasak okonomiyaki
· Pertama siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, irisan kol, bawang, telur, wortel yang sudah di potong kecil, kuah kaldu, menjadi satu. Campur hingga menjadi adonan. Tambahkan garam dan gula secukupnya.

>> 13 Trik foto makanan supaya terlihat lebih enak, dan menggiiurkan hanya memakai kamera hp.

· Siapkan pan panggang dengan api sedang, masukkan setengah adonan beri isian baby gurita lalu tuangkan sisa adonan.

· Adonan harus di bolak balik supaya matang, berbau harum dan merata, lalu tunggu sampai berwarna kuning keemasan.

· Angkat dari pan lalu tiriskan.

· Potong kotak lalu taburkan katsubushi dan nori diatasnya.
Cara membuat cream saos
· Siapkan pan masukkan kecap inggris, saos tiram, dan saos tomat campur menjadi 1 masak dengan api sedang.

· Aduk hingga mengental.

· Sajikan bersana okonomiyaki atau disiramkan ke atasnya bersama mayonaise.

Sangat mudah bukan? Jika kalian ada yang tidak suka dengan isian gurita kalian bisa mengantinya dengan yang lain seperti daging sapi, daging ayam, daging ikan, udang, cumi – cumi, sosis atau sosis dan isian yang lain sesuai selera kalian.

Resep di atas cukup untuk 5 sampai 6 porsi. Sehingga cukup untuk semua keluarga kalian. Cara makannya pun bisa di makan langsung atau sebagai lauk pauk sesuai selera masing masing. Di samping itu sangat cepat jadi bisa dibuat kapan saja.

Senin, 28 Oktober 2019

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Hanya 7 Hari

Tubuh ideal adalah dambaan setiap manusia baik pria maupun wanita. Akan tetapi pada kenyataannya berbeda dari yang kita alami.

Jika kita sering makan makanan yang enak dan gaya hidup yang buruk. Kita tidak akan bisa mempunyai tubuh ideal. Karena mempunyai tubuh yang ideal harus dibarengi dengan usaha yang besar pula.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Hanya 7 Hari

Mulai dari kebiasaan pola hidup sehat. Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menjauhi stress.

Di luar sana, sangat banyak sekali program menurunkan berat badan yang menjanjikan dalam waktu yang singkat. Ada yang murah dan ada yang mahal.

Ada yang berbentuk kain pelangsing, obat pembakar lemak, minuman pelangsing, ataupun gel yang bisa langsung menyusutkan lemak yang ada di badan kita.

Lalu Bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat dan berhasil? Memang terkadang kita selalu melakukan diet tetapi belum saja terlihat hasilnya bahkan sampai mengeluarkan uang yang banyak dan menyiksa tubuh dengan menahan lapar..

Menurunkan badan memang gampang - gampang susah. Yang perlu kita garis bawai adalah kita harus menjalani proses dan menikmatinya.

Meskipun dengan cara yang instan misalnya dengan mengkonsumsi suplemen atau obat penurun berat badan hasilnya pun belum terjamin.

Apakah anda tahu bahwa badan yang gemuk terjadi karena terlalu banyak kalori yang masuk di dalam tubuh kita melalui makanan.

Pada dasarnya penghitungan kalori juga sangat berpengaruh pada cara diet kalian. Sebisa mungkin anda harus mengurangi kalori yang anda konsumsi. Cukup pada batasnya yang diperlukan tubuh saja.

Yang dibutuhkan pria adalah 2700 kalori per hari sedangkan wanita adalah 2000 kalori per hari.

Jika melebihi jumlah tersebut bisa dipastikan badan anda akan mengalami kelebihan kalori dan berat badan akan naik, anda pun terlihat gemuk.

Cara untuk mengatur kalori per hari :

1. Mengontrol kalori dengan makanan sehat
Makanan yang berkalori rendah antara lain:

1 buah jagung rebus: 91 kalori
2 buah kentang rebus: 266 kalori
1 porsi nasi 100 gram: 175 kkal
Sayur 100 gram: 25 kkal
Buah 50-190 gram: 50 kkal
Tempe 2 potong: 75 kkal
Daging 35 gram: 75 kkal
Minyak 1 sendok teh: 50 kkal
Gula 1 sendok makan: 50 kkal

2. Aktivitas yang membakar kalori
Dengan beraktivitas juga bisa membakar kalori. Berapakah kalori yang harus dibakar dengan aktivitas? yaitu 500 kalori per hari.a

Aktivitas apa saja yang dapat membakar kalori cara yang paling ampuh yaitu dengan berolahraga:

· Jogging dapat membakar 900 kalori
Jogging adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah dengan mengelili komplek perumahan, taman, dan jalan raya.

Jongging lebih sehat jika dilakukan pada sore hari atau pagi hari. Agar badan anda juga mendapat udara yang sehat dan segar, bukan pada siang hari yang cenderung ramai dan banyak polusi dari kendaraan yang lalu lalang.

· Lompat tali / skipping membakar 700 kalori
Seperti anak – anak yang suka bermain tali, anda bisa mencoba permainan ini. Walau tubuh lebih terasa berat, tapi dengan cari ini tubuh anda bisa banyak membakar kalori.

Ada banyak sekali variasi gaya lompat tali. Supaya tidak bosan, anda bisa memainkannya dengan teman – teman anda yang punya misi sama yaitu melangsingkan tubuh.

Meskipun gerakan ini tergolong mudah akan tetapi membuat seluruh tubuh anda bergerak.

· Menaiki tangga dapat membakar 900 kalori
Jika anda bekerja di gedung bertingkat atau mempunyai tempat tinggal di hotel bertingkat, rumah bertingkat, atau apartemen mewah. Maka anda memiliki kelebihan.

Anda tidak perlu alat olahraga untuk berolahraga. Anda cukup menjauhi lift untuk rutinitas anda. Jadi anda haru turun dan naik bukan menggunakan eskalator atau lift tapi manual menaiki tangga.


Menggunakan tangga untuk latihan. Tidak hanya otot kaki anda yang kuat, otot tubuh anda juga akan meregang. Ketika menaiki tangga, kita bisa memvariasinya dengan melompat dengan dua kaki.

Semakin banyak anak tangga yang anda naiki dan turuni, maka semakin banyak lemak anda yang akan dibakar. Namun jika anda lelah, anda bisa melakukan pelan – pelan saja, dan jangan dipaksakan jika lelah. Berhentilah, dan pakailah lift.

· Bermain Tenis atau Bulu Tangkis membakar 900 kalori
Dua macam olahraga ini sangat mudah dimainkan. Apalagi bulu tangkis, permainan ini sangat terkenal di Indonesia. Bolanya ringan, dan tidak menyakiti jika terkena badan.

Jika anda tidak suka bulu tangkis, anda juga bisa bermain tenis. Walau bolanya agak keras untuk dipukul.

Kedua olahraga ini memacu kerja lengan, bahu, pinggul dengan baik. Tenis dan badminton adalah olahraga yang baik untuk membakar kalori. Kalian dituntut konsentrasi kapan harus beraksi dan kapan berhenti.

· Sepak bola atau futsal membakar 900 kalori
Olahraga ini banyak digandrungi kaum adam karena banyak pesepak bola yang memiliki tubuh ideal. Banyak sekali olahraga sepak bola dan semacamnya.

Seperti futsal, sepak takraw, dan lain – lain. Olahraga ini sangat cocok untuk para pria dan teman – temannya. Mereka bisa bermain sekaligus berolahraga. Cukup 30 menit atau satu jam.

· Permainan Hoki membakar 900 kalori
Meskipun sulit kita jumpai di negara Indonesia. Akan tetapi olahraga ini sangat mengasah ketangkasan dan reflek dalam bergerak. Jika anda kebetulan berada di luar negeri, anda bisa bermain hoki dengan teman anda.

Pandai - pandailah dalam mengatur jumlah kalori pada tubuh anda karena sudah banyak sekali yang menurunkan berat badan. Hanya dengan mengontrol kalori dan beraktivitas. Nikmati prosesnya jangan patah semangatt ya.

Selasa, 22 Oktober 2019

,

5 Cara Paling Cepat Menghilangkan Komedo di Hidung dan Wajah

Memang sangat menjengkelkan jika di wajah kita terdapat sebuah kotoran, jerawat, apalagi komedo. Walau tidak menyakitkan, tapi tetap saja mengganggu pemandangan cantik wajah kita.

Apalagi kalau mau ada acara besar, mau kencan, atau sekedar jalan - jalan membuat kita semakin tidak percaya diri.


Komedo walau sudah dibersihkan, emang suka datang lagi datang lagi. Udah kaya jelangkung aja, datang ga diundang.

Komedo putih, ada karena penumpukan sel kulit mati dan minyak yang berkumpul menjadi satu di pori - pori wajah.

Dan jika anda sering kali lupa membersihkan wajah, maka komedo yang ada akan bercampur dengan kotoran dan menjadi hitam.

Tenang ya iters, kalian bisa menghilangkan komedo dengan ke-lima cara di bawah ini:

1. Menggunakan masker wajah (1500 – 15.000)
Sekarang masker wajah sudah banyak ditemui. Anda bisa membeli masker wajah produk lokal di minimarket terdekat seperti Alfamart atau Indomart. Seperti masker wajah ovale, wardah, ponds, dan lain - lain.


Selain itu, anda juga bisa membelinya di toko kosmetik terdekat. Jika anda malas keluar rumah, anda bisa membelinya di toko online dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika anda tidak ingin membuang uang, anda juga bisa kok memakai masker wajah alami. Seperti masker putih telur dan banyak lagi.

2. Vacum cleaner khusus pembersih komedo (65.000 – 700.000)

Alat modern yang satu ini sangat populer di kalangan perempuan. Karena seperti alat pembersih otomatis, vacum cleaner ini bisa menyedot semua komedo yang ada di wajah secara cepat.

Untuk soal harga memang lumayan mahal tapi mesin ini bisa dipakai untuk beberapa kali. Jadi harga segitu masih termasuk murah. Karena kita gak perlu lagi membersihkan dengan alat lain.

Caranya juga mudah yaitu hanya dengan membersihkan wajah menggunakan air hangat agar pori - pori terbuka.

Setelah itu gunakan dan nyalakan alat vacum ke bagian kulit yang berkomedo. Agar komedo bisa langsung disedot. Terakhir cucilah wajah anda dengan facial foam kesukaan anda.

Sekarang tinggal keringkan wajah anda dengan handuk lembut. Lihatlah kaca, dan anda tidak akan melihat komedo lagi. Bye bye komedo!

Selain dapat menyedot komedo, alat ini mempunyai beberapa manfaat lain yaitu menstimulasi peredaran darah pada wajah dan memperlancar sirkulasi darah yang dapat membawa efek positif bagi kulit. Sehingga kulit menjadi lebih cerah, dan putih.

Walau begitu ada pula kekurangan pada alat vacuum komedo ini. Dilansir dari Metro, seorang facialist dan aesthetician Andy Millward mengatakan bahwa penggunaan blackhead vacuum ini juga dapat menimbulkan luka pada pori-pori kulit, karena hisapan yang terlalu kuat.

Penghisapan komedo juga mengakibatkan bagian penting kulit lain yang ikut terhisap, seperti minyak natural, darah dan jaringan penting lainnya pada permukaan kulit kita yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh kapiler yang meninggalkan bekas merah pada kulit.

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, apa anda masih mau mencoba?

3. Menggunakan plester komedo (14.000 ke atas)

Siapa sih yang gak tahu plester komedo ini? Bentuknya seperti hansaplas dengan cara kegunaan yang berbeda.

Plester komedo ini sangat disukai karena menghemat waktu dan mendatangkan kepuasan tersendiri ketika melihat hasil komedo yang terangkat di bekas tempelan plester tersebut.


Cara kerja plester komedo sangat sederhana yaitu dengan cara menghilangkan bagian terluar dari blackhead. Perekat akan menempel pada lapisan atas kulit, termasuk sebum dan menarik 'komedo' tersebut keluar dari tempatnya.

Saya biasanya sih menggunakan plester komedo Biore Pore Pack. Harganya cukup murah yaitu 14.000 dengan isi 4 plester komedo.

Plester ini nantinya yang ditempel di area berkomedo, dan yang paling banyak diserang komedo adalah hidung.

Jadi sebelum ditempel ke hidung, kita harus membasahi hidung kita dahulu agar bisa menempel. Setelah itu buka plester dan tempelkan dengan cara menekan – nekan agar bisa menempel kuat di hidung anda.

Setelah merekat keras, diamkan sampai 15 menit - 20 menit hingga merasa benar-benar kering, dan biasanya ditandai dengan bentuk plester sudah agak mengkerut.

Jika sudah waktunya. Maka cabut dengan keras, supaya komedo bisa terangkat semua dan gak ketinggal di hidung.

4. Dipencet sendiri pakai kuku tangan (Gratis)

Cara no 4 ini bisa dibilang adalah cara paling manual dan purbakala. Jadi anda tinggal menyiapkan tangan anda.

Pastikan anda mencuci tangan dahulu sebelum memencet komedo. Saya biasa melakukan ini pada hidung suami saya karena kalau keliatan itu jadi geli.

Caranya pun sangat simple, tinggal pencet pencet saja pori – pori di hidung anda, dan tekan sampai komedo keluar dengan sendirinya. Jika kesulitan melihatnya, pakailah cermin dan taruh di depan anda.

5. Pakai pinset alat pencapit dan penghilang komedo (3.000)

Kalau ini menurut saya adalah cara paling menyiksa. Saya kalau di rumah ga pernah pakai yang ini karena masih ada ke – empat cara di atas yang masih lebih enak.

Saya melakukan cara ini ketika melakukan facial wajah di salon – salon. Si mbak mbak salon itu selalu menggunakan pinset ketika mencabut komedo saya. Sakitnya itu kalau ditekan sampai kaya mau nangis aja. Dan setelah itu pasti wajah saya bentol – bentol karena bekas pinset itu.

Nah itulah ke 5 cara penghilang komedo. Anda mau pilih yang mana? Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Senin, 21 Oktober 2019

,

21 Cara rahasia menggemukkan badan secara alami dan cepat

Langsing dan kurus adalah kata yang serupa tapi tak sama. Apakah anda tahu perbedaannya?

Langsing adalah perut ideal bagi semua wanita. Langsing adalah dambaan semua wanita dengan tampilan perut yang rata.


Seperti model yang berjalan di catwalk yang angun dan cantik memang sangat mengagumkan akan tetapi itu sudah menjadi syarat sebagai model.

Jadi langsing adalah tinggi badan dan berat tubuh seimbang. Untuk perhitungannya, anda bisa menggunakan rumus tinggi badan dikurangi 110.

Misalnya jika anda mempunyai tinggi badan 160. Jadi anda dikatakan langsing jika berat badan anda 160 – 110 = 50 kilogram.

Jika berat badan ada kurang dari 50 kg, anda berarti seorang yang kurus, dan jika berat badan anda 60 kg, berarti anda masih terbilang orang yang gemuk.

Tapi ukuran kurus dan gemuk, bukan hanya masalah timbangan berat badan tapi juga penampilan kita.

Walau berat badan kita sudah pas, tapi kalau lengan dan pipi masih terlihat cekung, bisa jadi orang – orang akan menilai bahwa kita adalah wanita yang kurus.

Sebaliknya jika berat badan kita sudah pas, tapi kalau wajah kita masih tembem, atau nyempluk, maka orang – orang juga menilai kita tetap gemuk.

Sebenarnya kurus, langsing gemuk itu bukan permasalahan yang serius. Namun kadang menjadi masalah yang besar ketika kita ingin melamar pekerjaan.

Apalagi sekarang banyak sekali perusahaan atau tempat kerja yang memberikan syarat pekerjaan mengenai berat badan maximal dan minimal bagi calon pelamar kerja.

Jika terlalu kurus, gemuk mungkin sulit diterima oleh HRD di perusahan atau pabrik yang diinginkan. Kecuali jika anda kenal dengan orang dalam.

Ada juga jenis orang yang memang ga bisa gemuk. Padahal sudah makan banyak tetap saja terbilang kurus.

Anda harus lebih berhati – hati karena orang yang kurang berat badannya lebih mudah terkena penyakit paru-paru, dan penyakit gagal jantung.

Sedangkan orang gemuk juga gak baik, karena mereka bisa terkena penyakit diabetes, kolestrol, dan banyak lagi.

Sebaik – baiknya memang kita harus mempunyai berat badan ideal sehingga tidak rentan terkena penyakit yang mematikan.

Banyak orang yang berusaha untuk menggemukan badan akan tetapi hasilnya nihil, berat badan tetap stabil dan mungkin kalian ada yang frustasi karena belum menemukan cara agar menambah berat badan agar terlihat ideal.

Bukannya mau menakut – nakuti, namun menurut penelitian ilmu kedokteran, orang yang memiliki berat badan yang kurang normal atau kurus, mempunyai resiko meningal dunia lebih dini.

Tapi kalau ini sih saya juga ga mau percaya, karena hidup mati kita sudah digariskan sama Allah SWT. Bukan karena berat badan, tapi hal tersebut adalah sebuah takdir yang ga bisa dipungkiri.

Orang yang memiki berat badan yang kurang atau kurus dikarenakan ada 2 faktor yaitu:

1. Faktor keturunan atau genetik

2. Faktor kurang menjaga kesehatan antara lain:

pengguna narkoba, merokok, minuman beralkohol, kekurang gizi, anoreksida atau kesehatan mental.

Kali ini Intan Tutorial akan membagikan 20 cara agar dapat menggemukkan tubuh dengan sehat. Cara ini boleh dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Apa saja caranya, yuk simak di bawah ini...

1. Perbanyak makan makanan karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat sangat membantu menambah berat badan. Walaupun rasanya hambar dan mempunyai teksturnya padat.

Untuk mensiasatinya anda bisa mengkombinasi makanan karbohidrat tersebut dengan makanan kesukaan anda lainnya.

Kekurangan karbohidrat juga ga baik untuk kesehatan. Akan banyak sekali gejala penyakit yang akan muncul, seperti sakit perut, maag, asam lambung dan lain lain, dan dari segi postur tubuh akan terlihat kurus.

Makanan – makanan yang mengandung karbohidrat sangat banyak diantaranya: nasi, jagung, singkong, ubi, kentang, gandum.

Apa yang terjadi jika mangkonsumsi karbohidrat? Dengan mengkonsumsi karbohidrat secara teratur akan memicu lebih banyak kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

2. Tidur
Cara menggemukkan yang paling mudah adalah tidur. Yah walau anda orang yang sibuk, cobalah untuk tidur pada waktu senggang. Misalnya waktu menunggu seseorang, menunggu kendaraan, atau pun pada waktu istirahat siang.

Untuk wanita, tidur siang hari pada waktu menstruasi juga merupakan cara cepat menggemukkan badan karena kalori akan cepat mengendap.

Apalagi jika anda melakukan tidur siang atau tidur malam setelah makan dan minum susu. Pasti akan cepat gemuk.

3. Minum jus buah
Walaupun buah banyak mengandung sumber vitamin, serat dan mineral, tetapi jika diolah menjadi jus maka tubuh akan dengan mudah menyerap nutrisi karena teksturnya sudah halus. Berat badan kalian juga akan bertambah.

Supaya lebih cepat gemuk, anda juga bisa menambahkan beberapa cairan yoghurt dan susu untuk menambah berat badan kalian agar menjadi gemuk dan berisi.

4. Rajin Minum susu.
Susu sangatlah ampuh untuk menggemukan badan, karena ilmu kedokteran sudah meneliti kandungan protein yang ada di dalam susu dapat menambah berat badan.

Jika kalian jarang minum susu akhir - akhir ini, cobalah mulai besok anda niatkan lagi meminum susu secara teratur.

Kalau ada cobalah untuk minum susu murni dari Sapi atau Kambing. Bukan yang sudah ada rasa coklat atau strawberry. Karena susu ini lebih banyak mengandung kalsium daripada susu lain.

Jika anda tidak suka susu hewani, anda juga bisa mengkonsumsi susu dari kedelai. Rasanya berbeda tapi mempunyai kandungan yang hampir mirip.

Bagi kalian yang kurang menyukai susu cair kalian bisa mengolahnya menjadi puding, es krim susu dan yoghurt.

Walaupun susu sudah diolah, kandungan di dalam susu tetap tidak menghilangkan protein. Jika anda tidak suka, anda bisa meminum susu rasa coklat, melon, dan strawberry.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi susu.

5. Konsumsi madu.
Madu merupakan obat alami yang sangat banyak khasiatnya. Teksturnya ada yang cair dan kental.

Rasa madu sangat manis daripada gula dan warna nya kuning keemasan. Ada juga yang berwarna putih dan hitam karena dipengarui oleh jenis lebah- lebah yang bermacam - macam.

Salah satu khasiat madu yaitu dapat menambah berat badan dan hasilnya tak dapat di ragukan lagi. Karena madu mengandung gula dan vitamin B yang tidak ada pada gula putih.

6. Per banyak minum air soda.
Di Indonesia banyak sekali macam air soda. Mulai dari merek penyegar tenggorokan di kaleng, di botol, dengan berbagai macam warna pula.

Seperti Fanta dan Sprite, ada Juga Coca Cola, pepsi. Dan banyak lagi. Sebenarnya minuman ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak dan terus menerus.

Namun kandungan gulanya inilah yang memudahkan kita untuk cepat gemuk. Minumlah sehari sekali saja, dan berhentilah jika berat badan anda mulai bertambah agar kesehatan anda juga bisa terjaga.

7. Makan lebih sering.
Orang yang memiliki berat badan yang kurang atau kurus seperti anda. Sebaiknya mulai sekarang harus menambah porsi makanan anda.

Tetapi tidak boleh langsung ditambah dalam porsi yang terlalu banyak. Tambahkanlah sedikit setiap kali waktunya makan. Karena jika terlalu banyak, akan berakibat perut dan lambung kalian menjadi sakit. Jadi tambahkan sesuai kemampuan makan kalian.

8. Makan makanan protein tinggi.
Makan makanan yang berprotein tinggi yang terkandung pada hewan dan tumbuhan sangat cepat membantu anda menambah berat tubuh.

Tentunya makanan ini sangat alami, protein mempunyai fungsi membentuk otot - otot yang kuat dan dapat mengemgukan tubuh.

Makan makanan berprotein tidak boleh sembarangan, akan tetapi ada ukuran - ukuran dalam mencukupi protein di dalam tubuh.

Protein yang di perlukan tubuh dalam sehari yaitu 0,8 gram / berat badan (kg) per hari untuk membentuk otot.makanan yang berprotein antara lain: telur, daging, ikan, dan biji-bijian.

9. Makan mie di malam hari
Makan mi kesukaan di malam hari adalah cara paling ampuh buat anda suka cara instan untuk menggemukkan badan.

Apalagi kalau anda makan mi dan nasi ditambah telur mata sapi yang digoreng. Dimasak dengan tambahan beberapa cabai rawit. Ditaburi bawang goreng di atasnya.

Mi dan nasi jika disatukan memang enak, tapi kalorinya juga sangat banyak sehingga membuat anda mudah bertambah gemuk.

Saya sarankan anda tidak memakan ini terlalu sering karena juga tidak baik untuk kesehatan.

10. Makan makanan berkalori.
Kalori sangat membantu meningkatkan berat badan,dari manakah sumber kalori itu?

Bisa didapat dari makanan dan minuman. Cara gampang melihat kalori adalah dengan melihat ke belakang kemasan makanan atau minuman. Di setiap makanan pasti ada tulisan bahan dan beberapa kandungannya termasuk kalori.

Walaupun sangat cepat untuk menambah berat badan kalian harus tahu kalori yang dibutuhkan perharinya.

Kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi badan, aktivitas fisik sehari-hari, tetapi rata-rata 2000 sampai 3000 kalori per hari.

Makanan yang mengandung banyak kalori adalah nasi putih, alpukat, ubi jalar, buah kering, dan kacang-kacangan.

11. Minuman extra temu lawak.
Untuk menambah berat badan tidak hanya berasal dari sumber makanan tentu bisa diimbangi dengan minuman.

Minuman tersebut adalah extra temulawak. Temulawak mengandung mineral dan vitamin yang di gunakan untuk menambah nafsu makan.

Sehingga walau anda rasanya tidak ingin makan, bisa diselamatkan oleh jamu extra temulawak. Jadi mood makan anda akan kembali, dan makan banyak terus.

12. Rempah rempah alami.
Banyak sekali orang orang yang belum paham mengenai rempah rempah yang ada di indonesia.

Padahal dengan rempah rempah ini khasiatnya sangat banyak.
Bahkan segala jenis rempah bukan hanya untuk penyedap rasa saja.

Rempah-rempah juga di gunakan untuk obat obatan dan satu lagi bisa digunakan untuk menambah nafsu makan.

Anda juga tidak perlu kawatir akan efek samping karena rempah-rempah sangat alami.

Cara mengkonsumsi rempah-rempah juga terbilang sangat mudah yaitu diolah terlebih dahulu menjadi herbal kemudian bisa di konsumsi.

Rempah – rempah yang bisa diolah antara lain: temu ireng, broto wali, jahe, kayu manis dan lain lain.

13. Rajin berolahraga.

Orang yang sangat sibuk dan jarang berolahraga cenderung memiliki kondisi tubuh yang rentan sakit.

Mengapa demikian? karena mereka jarang menggerakkan otot sehingga denyut jantung tidak meningkat.

Sehingga darah, oksigen dan nutrisi tidak dibawa dengan baik, dan berdampak pada kondisi tubuh dan berat badan.

Jika orang rajin berolahraga maka kesehatannya akan baik, makan teratur, kondisi otot - otot yang kendur menjadi kencang.

jadi program kalian untuk makan makanan penggemuk badan bisa diimbangi dengan berolahraga supaya kesehatannya juga terjaga.

14. Harus sarapan pagi.
Sarapan pagi gak bisa dihindari jika anda menginginkan gemuk. Memang saat pagi hari adalah saat sibuk – sibuknya persiapan bekerja.

Anda bisa kok makan – makanan simpel yang apabila membuatnya tidak perlu memakan banyak waktu. Misalnya roti dan mentega, misis, keju, dan daging sebagai isinya.

Kalau mau makan nasi, bisa bikin gorengan, atau beli saja nasi bungkus atau nasi pecel dan nasi jagung yang murah dan enak di makan pagi hari.

Untuk kalian yang menjalankan program menaikan berat badan dengan sehat. Kalian juga harus memperhatikan pola makan yang baik yaitu harus sarapan di pagi hari.

Jangan sampai kalian hanya makan di siang hari karena kesibukan. Nanti lambung kalian akan mudah terkena maagh dan sakit perut.

15. Hindari merokok.
Merokok mempunyai efek yang sangat besar yaitu berdampak pada kesehatan, kondisi tubuh, nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Bila kalian ingin menambah berat badan tapi masih merokok ya tidak akan ada hasilnya.

Penelitian ahli nutrisi di amerika mengungkapkan seorang perokok bisa menahan tidak makan dari pada merokok,jadi berpengaruh pada nafsu makan semakin rendah dan berat badan tidak akan meningkat.

16. Ngemil.
Tidak ada salahnya ngemil di sela sela waktu setelah sarapan pagi dan makan siang.

Atau di antara makan siang dan makan malam. Pilihlah cemilan yang mengandung karbohidrat, atau protein, seperti pada kue, kacang rebus, dan minuman susu buatan sendiri.

Di malam hari, anda bisa membuat atau membeli cemilan penutup seperti terang bulan dan martabak.

17. Makanan dalam porsi kecil
Kalian tidak di anjurkan makan dalam porsi besar untuk menambah barat badan.

Apalagi kalau makan dalam porsi terlalu besar membuat kita cepat merasa kenyang karena melihatnya saja kebanyakan.

Selain itu kalian akan susah untuk bernafas, jika memaksakan makan banyak dengan porsi besar.

Ada baiknya kalian makan dengan porsi yang kecil tetapi lebih sering untuk meningkatkan asupan kalori yang lebih banyak dan jangan lupa diimbangai dengan minuman yang bergizi.

18. Hindari begadang.
Begadang adalah musuh besar bagi kalian yang ingin menaikkan berat badan.

Hal ini sangat sulit untuk dihentikan. Memang begadang tidak ada efeknya jika dilihat dari makanan dan perut. Akan tetapi berdampak pada kondisi kesehatan kalian.

Tubuh kalian akan mudah terserang penyakit ganas dan mengakibatkan menurunkan berat badan dan akhirnya menjadi kurus.

19. Tidak minum minuman ber-alkohol.
Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kondisi tubuh yang ingin meningkatkan berat badan karena kandungan di dalamnya terdapat kalori yang tinggi yang dapat menggangu metabolisme tubuh dan merusak hati.

Jadi harus di hindari bagi kalian yang ingin program menambah berat badan supaya kalian membuahkan hasil.

20. Hindari narkoba.
Kalian pasti sudah pernah liat pengguna narkoba waktu ditangkap oleh kepolisian kebanyakan memiliki postur yang sangat kurus dan cungkring.

Nah dari situ sudah jelas bahwa narkoba bisa menurunkan berat badan dan mengakibatkan sumber penyakit yang sangat susah disembuhkan.

21. Periksa kesehatan.
Kalian sebenarnya sudah menjalankan semua proses untuk menambah berat badan.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mencoba konsultasi kesehatan. Karena bisa jadi kekurangan berat badan tersebut karena faktor penyakit dalam yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Karena walau anda sudah berusaha kerasa tapi tidak menghasilkan apa – apa atau sia-sia mungkin anda mengidap penyakit seperti coeliac, anorekside nervosa dan mengalami gangguan makan atau hipertiroidisme.

Kondisi ini mengakibatkan berat badan kalian tidak naik - naik dan cenderung di bawah normal. Anda harus mengobatinya terlebih dahulu ke dokter atau rumah sakit.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Minggu, 20 Oktober 2019

Resep dan Cara Membuat Roti John Kornet Sapi yang Mantap dan Lezat

Resep dan Cara membuat roti john kornet sapi yang mantap dan lezat. Akhir - akhir ini banyak sekali aneka makanan yang lagi hits dan sangat viral salah satunya yaitu roti john.

Roti john pertama kali diviralkan di kota Surabaya. Sebenarnya roti ini sangat simpel karena seperti burger yang bentuknya panjang.


Kalau di Malang roti John ini mirip sekali sama salah satu roti di Burger Buto kalau gak salah namanya Burger Keceng. Kalau penasaran silahkan baca dulu burger buto di Malang.

Roti ini banyak disukai semua kalangan karena rasanya yang sangat nikmat dan lezat denga isi dari roti yang sangat banyak macamnya.

Walau roti John berasal dari Surabaya, namun sekarang di kota – kota lain juga banyak yang menjualnya.

Jika kalian yang suka jalan - jalan sambil kulineran pasti kalian bisa menikmati roti John ini dan sangat mudah dijumpai di pasar malam, cafe, foodcort mall dan lain - lain.

Bahkan sekarang sudah sangat menjamur penjual roti john. Dengan harga yang sangat terjangkau, tidak membuat kantong jebol.

Kisaran harganya mulai dari 15 ribu sampai 30 ribu per porsi. Porsinyapun sangat banyak.

Harga bermacam – macam sesuai isiannya. Jika isian daging sapi akan lebih mahal dibanding isian yang daging ayam. Yang isian sosis tentu lebih murah dibanding isian daging ayam.

Dari segi bentuk roti john ini bentuknya besar dan memanjang. Kalau kalian pingin makan tetapi sedang malas keluar rumah atau terkendala halangan cuaca.

Jangan khawatir kalian bisa membuat sendiri di rumah karena bahan bahan dari roti ini banyak dan sangat mudah kita jumpai. Yuk langsung saja kita persiapkan cara membuatnya.

Bahan - bahan:

- 2 Roti tawar panjang

- 4 butir telur

- 3 daun bawang

- 1 kornet sapi kaleng

- 1/4 sayur kol cincang kasar

- 10 gr keju mozarella

- 5 gr keju cedar parut

- Saos sambal secukupnya

- Mayonaaise secukupnya

Langkah – langkah:

1. Siapkan alat dan bahanya, panaskan alat penggorengan yang sudah diberi mentega secukupnya.

2. Kocok 4 butir telur sampai berbusa, lalu goreng setengah matang. Kemudian sisihkan di tempat lain.

3. Masak kornet sapi beri daun bawang dan sayur kol.

4. Campurkan telur, kornet, sayur kol, lalu tambahkan irisan keju mozarella.

Masak hingga keju mozarella meleleh, lalu taruhlah roti tawar yang sudah dibelah jangan sampai terputus. Pipihkan roti dengan isian agar melekat dengan sempurna.

5. Balik roti lalu berikan keju ceedar parut, saos sambal lalu mayonaise lalu lipat roti, siap disajikan.

Simplekan guys.

Tidak perlu berlama - lama masak roti ini. Di dapur cukup 20 sampai 30 menit sudah matang dan langsung bisa di santap.

Oh iya cara penyajian roti ini juga ada caranya yaitu kalian harus potong menjadi 5 sampai 4 bagian karena gak mungkinkan kalian makan bulat - bulat karena ukurannya pun sangat panjang.

Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Kamis, 17 Oktober 2019

,

9 Cara Mudah Merawat Kucing Bagi Pemula

Apakah anda pertama kalinya memelihara seekor kucing? Baca terus 9 Cara Mudah Merawat Kucing Bagi Pemula. Langkah perawatannya sangat mudah.

Siapa sihh yang gak suka dengan kucing lucu? Kucing adalah hewan yang sangat lucu dan mengemaskan.

Di sekitaran rumah kita banyak sekali kucing yang berkliaran. Jenis dan kondisinya pun bermacam macam ada kucing kampung, ras, dan ada yang peranakan pesia, namun kondisinya sangat mengenaskan.

Kepedulian kita kepada kucing masih sangat rendah karna banyak sekali kucing yang terlantar dan lontang lantung keluar masuk komplek rumah.

Bahkan di negara Sakura Jepang, kucing di perlakukan seperti manusia. Kucing sangat disayangi dan dihormati. Di Jepang pula ada perayaan hari kucing yang bertepatan tanggal 22 februari.

Hari kucing adalah hari peringatan atau perayaan nasional di Jepang untuk menghormati kucing. Sampai begitunya orang Jepang menghormati si kucing ini.




Kita saja yang ketemu kucing tiap hari kurang peduli dan acuh terhadap hewan ini. Sebaiknya kita merubah sikap dan perilaku kita terhadap semua makhluk ciptaan Allah SWT terutama kucing.

Bagi kalian yang ingin memelihara kucing tetapi baru memulai simak tips bagi pemula dan cara yang baik dan benar.

1. Berilah sebuah nama


Kucing peliharaan harus diberi nama unik dan yang lain daripada yang lain. Pemberian nama agar kucing tidak mudah dipanggil atau diculik orang lain apalagi kalau kucing anda sangat lucu pasti banyak yang menyukainya juga.

Pemberian nama yang unik, membuat kita menjadi aman. Sehingga ketika ada orang lain yang memanggil pus, dia tidak akan datang dan diam saja. Namun jika dia dipanggil namanya, dia akan datang kepada anda.

2. Kalung Kucing


Bukan hanya sebuah nama, kalung kucing juga sangat penting. Kalung kucing menandakan bahwa kucing anda sudah ada pemiliknya.

Yap sama seperti cincin pernikahan, anda memakai cincin untuk menandakan bahwa anda sudah milik suami atau istri anda, bukan yang lain.

Pilihan kalung kucing sangat banyak. Ada yang berlonceng, kalung lonceng dengan pita.

Namun yang paling bagus adalah kalung kucing yang bertuliskan nama kucing beserta no telpon atau alamat pemiliknya. Sehingga ketika kucing anda hilang, bisa dikembalikan ke tangan anda.

3. Makanan


Makanan kucing ada 2 macam yaitu makanan kering dan basah. Lalu sebagai pemilik yang baik memberi makan kucing harus di beri variasi tidak boleh memberi makanan yang kering terus atau basah terus.

Kenapa? karena nanti kucing mudah terkena penyakit dan jatuh sakit. Kucing sakit ditandai dengan lesu, tidak nafsu makan, mencret, atau pun muntah – muntah.

Oleh karena itu, sebaiknya makanan keringnya lebih sering daripada makanan basah. Kalau bisa makanan basah itu hanya sekali atau dua kali seminggu saja. Selebihnya anda bisa memberi kucing makanan kering.

Ingat ya jadi harus di selang seling agar kucing tetap sehat dan lincah.

Lalu bagaimana caranya memilihkan makanan kering yang disukainya? Di postingan lain, nanti saya kasih tahu ya.

4. Kesehatan


Kucing yang baru anda pelihara sebaiknya di cek kesehatannya dulu atau pergi ke dokter hewan supaya kalian mengetahui kondisi dari si kucing.

Kalau anda takut sama harganya, anda bisa pilih puskeswan saja alias pusat kesehatan hewan. Dijamin harga lebih murah dibanding dokter hewan biasa.

Setelah dari dokter, pisahkan kucing dari hewan peliharan lainnya selama 2 minggu supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan.

5. Vaksinasi


Kucing kesangan jangan lupa di vaksinasi ya. Vaksinasi itu sangat penting karena sama seperti pemberian imunisasi pada anak.

Hewan yang tidak divaksinasi akan mudah terserang penyakit, jadi lakukanlah dengan teratur.

Jangan perdulikan biayanya tapi kesehatan dari peliharaaan sehat jauh lebih mahal dari pada biaya pengobatan jika sakit.

jika masih kecil vaksinasi dilakukan 1 tahun 3 kali dan jika sudah dewasa maka cukup 1 tahun 1 kali.

6. Litter box 


Walaupun kucing tidak mempunyai akal pikiran akan tetapi jika kucing dilatih dari kecil untuk pup dan pipis di litter box maka akan terbiasa disiplin dan tidak sembarangan.

Jangan lupa di dalam litter box tersebut berilah secukupnya pasir agar tidak bau dan bisa ditutupi. Belilah pasir yang memang khusus kucing, warnanya putih, dan mudah menggumpal.

Untuk pasir biasa satu karung murah kok cuma 28.000 – 30.000 an tapi kalau mau pasir wangi dan menggumpal harga lebih mahal yaitu 70.000 – 90.000 per satu karungnya.

Usahakan letak litter box tidak berdempetan dengan tempat makanan si kucing.

7. Vitamin dan obat


Si kucing yang baru datang wajib di beri vitamin dan obat supaya kucing tidak mudah terkena kuman dan mempunyai bulu yang bagus. Jangan lupa berikan obat bulu dan vitamin secara teratur.

Vitamin bulu juga murah, ada yang jual ecer maupun sebotol. Kalau ecer mungkin 2.000an aja kalau sebotol kecil harganya 30-50 ribuan aja. Anda bisa dapatkan di petshop terdekat atau pun di online shop.

Berilah obat bulu sehari sekali. Cara memberikannya hanya dengan meletakkan obat tersebut di tempat makannya. Walau kelihatan pahit, tapi kucing pasti suka karena pil tersebut rasa ikan.

8. Memandikan kucing


Jika bulu kucing terlihat kusam dan kotor serta kucing sering garuk garuk, segeralah mandikan dan bersihkan.

Memandikan kucing itu bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. Tergantung tempat di sekitarnya.

Jika si kucing suka pergi ke luar dan bermain kotor, suka bermain di bawah sepeda motor, suka bermain di taman maka saya sarankan supaya anda memandikannya seminggu sekali.

Sedangkan jika si kucing hanya di dalam rumah, dengan lantai bersih, dan jarang kotor – kotor. Anda bisa mandikan si kucing sebulan sekali.

Saat memandikan kucing harus dengan air hangat jangan mengunakan air biasa. Kucing tidak suka dengan air biasa karena dia bisa kedinginan dan masuk angin. Sebaliknya dia sangat suka air hangat.

Walaupun sangat menyusahkan, anda harus bersabar demi kucing anda. Lain lagi jika kucing anda berkutu, kucing yang banyak kutunya harus sering dimandikan. Mandikan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Berikanlah shampo khusus kucing jangan mengunakan shampo manusia karena nanti bulu kucing mudah rontok.

Setelah dimandikan, anda harus benar – benar mengeringkannya dengan hair dryer. Jangan sampai dibiarkan kering sendiri karena jika tidak dikeringkan dengan cepat, kucing bisa rentan terhadap jamur.

Setelah dikeringkan, khusus untuk bulu lebat seperti kucing persia. Maka anda harus menyisirkan bulu kucing tersebut supaya tidak gimbal.

9. Mainan

Kucing adalah hewan yang sangat aktif. Jadi ajaklah bermain atau berikanlah mainan di dekatnya. Hal ini untuk mencegah kesetresan pada kucing.

Jika kucing selalu dikurung di dalam kandang, maka kucing akan malas - malasan dan tidur saja. Kebiasaan ini sangat tidak baik untuk tubuhnya.

Mainan yag disukainya adalah tali – talian, sehingga dia bisa mengejar tali tersebut. Selain itu, anda bisa memberinya bola mainan supaya kucing lebih aktif dan sehat.

Jadi sudah jelaskankan tipsnya. Mudah mudah kalian jadi orang yang peduli dan bertanggung jawab terhadap hewan peliharaan lainnya termasuk si kucing. Semangat!

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)