Kamis, 01 November 2018

,

Trik mengerjakan soal ujian dengan cepat dan tepat waktu

Trik mengerjakan soal ujian dengan cepat dan tepat waktu - SBMPTN 2018 sudah semakin dekat nih guys, apa yang sudah kamu siapkan untuk menghadapinya ?

Jangan sampai kamu tidak mempersiapkannya yaa.. karena itu sangat menentukan nasib mu kedepannya lohh..

Kali ini saya ingin sedikit membahas topik yang berkaitan dengan SBMPTN/ujian nih guys.

Lebih tepat nya saya akan membahas prihal trik mengerjakan soal dengan tepat waktu.

Penasaran??
Yuk baca triknya dibawah ini

1. Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap mudah, kerjakan secepat mungkin

Ini emang kesannya sepele tapi sebetulnya prinsip yang penting banget untuk diinget setiap kali ujian. Dengan menegaskan mindset seperti ini sejak awal dalam pikiran kamu setiap tindakan dan keputusan kamu dalam ujian akan jauh lebih efektif dan terarah sesuai dengan tujuan mu itu.

Satu strategi yang biasanya melekat dengan prinsip ini adalah kamu sebetulnya gak perlu ngerjain soa itu secara urut Dengan prinsip ini, biasanya langkah pertama yang lakukan adalah skimming (melihat sekilas).

keseluruhan soal dulu terus tandain soal-soal yang di perkirakan bisa langsung di kerjakan dengan cepat dan pastinya! Terus kerjain deh tuh soal-soal yang mudah atau yang sudah dianggap paham banget konsepnya dari awal dengan cepat.

strategi ini juga sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri sepanjang durasi ujian. Ingat, dalam ujian yang berpengaruh itu bukan cuma urusan otak, tapi juga urusan mental! Bisa di bayangin, kalo dalam ujian ternyata 3-4 nomor awal aja kamu gak ketemu jawabannya.

bisa jadi malah panik dan soal-soal yang sebetulnya mudah malah gak bisa di kerjain karena otak udah panik duluan. Tapi kalo dalam beberapa menit awal memulai dengan start yang oke, kamu akan jadi tambah pede dan bisa jadi lebih tenang waktu ngerjain soal yang lebih sulit.

2. Jangan kelamaan mikir, jika susah tinggalkan saja dulu


Balik lagi ke prinsip awal, bahwa tujuan ujian adalah mendulang point sebanyak-banyaknya! Kalo dalam konteks SBMPTN, soal yang mudah, sulit, panjang, pendek…. 


semuanya itu sama-sama punya nilai yang setara, yaitu (+4) dalam ujian SBMPTN. Jadi kalo mentok, jangan kelamaan ngulik soalnya karena penasaran, langsung lewatin aja! 

Masih banyak soal lain yang lebih mudah dan punya nilai yang sama dengan soal-soal yang sulit. Kalo lo emang penasaran, nanti bisa lo kerjain ulang kalo masih ada sisa waktu.

Sebagai contoh, ada seseorang yang gagal ujian cuma gara-gara masalah pride & gengsi. (Masa iya sih gua gak bisa ngerjain soal kayak gini doang?).

Dia punya prinsip “pantang ninggalin soal yang belum ketemu jawabannya”. Jadi pada dasarnya dia anggep soal ujian yang susah itu sebuah tantangan, terus dia ngulik soal itu lamaa banget padahal ternyata itu salah soal & gak ada jawabannya. 

Ironis kan? Satu hal yang perlu kamu ingat, bedakan konteks antara belajar dan Kalo pas belajar, mungkin kamu emang demen ngulik soal karena penasaran dan merasa tertantang… 

dan emang sikap itu bagus, namanya juga lagi belajar. Tapi yang namanya ujian itu bukan waktunya lagi untuk belajar, ujian itu waktunya mendulang point sebanyak mungkin. 

Pada akhirnya gak ada yang tau kalo kamu berhasil ngerjain soal yang sulit atau mudah, tim penilai cuma lihat score akhir doang loh 😬

Inget yah, waktu yang dikasih panitia untuk ngerjain ujian seleksi (seperti SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, UMB) itu mepet banget! Ada soal yang relatif mudah, sulit, dan gak jarang juga muncul soal yang salah ketik, salah soal, atau soal yang gak ada jawabannya. 

Jadi, kamu harus cerdik memanfaatkan waktu untuk mencapai score setinggi mungkin dengan memprioritaskan soal yang kamu bisa dengan secepat mungkin. 

Jangan sampai soal-soal yang sebetulnya mudah dikerjakan, malah jadi terlewat atau gak sempet dikerjain hanya karena waktunya udah keburu habis dipakai ngulik soal yang ga ada jawabannya.

3. Buat target waktu pengerjaan

Dalam ujian emang formatnya bisa macem-macem, ada yang kombinasi PG dengan esai. Ada juga PG semua tapi gabungan dari beberapa mata pelajaran. 

Tapi pada prinsipnya, perlu membuat target waktu pengerjaan soal setiap sesi supaya kamu tetap waspada dengan waktu yang mepet dan sempet keburu ngerjain semua sesi.

Dalam ujian TKPA contohnya, total ada 90 nomor soal dengan waktu yang tersedia 105 menit. Berarti kalo dipukul rata, setiap nomor harus bisa dikerjakan 70 detik. Waktu 70 detik setiap nomor mungkin bisa kamu lakukan untuk tipe soal TPA verbal, pola barisan, atau pola gambar…

Tapi apakah bisa kamu kerjakan 1 soal dengan 70 detik untuk tipe soal logika analitik, teks bacaan bahasa indonesia dan bahasa inggris?? memerlukan waktu yang relatif lama karena kamu dituntut untuk membaca bahan teks yang panjang dulu sebelum menjawab soal.

Nah, sekarang kebanyang gak sih kalo kamu langsung maju ngerjain soal tanpa strategi? Bisa jadi kamu gak sempet ngerjain soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sama sekali karena kelamaan ngulik soal TPA. Satu hal yang perlu kamu pahami dalam ujian yang mencakup beberapa mata pelajaran seperti SBMPTN adalah : 

Jangan sampai gak sempet ngerjain 1 sesi mata pelajaran sama sekali! Kenapa? Dalam konteks ujian seleksi PTN, pastinya PTN top nasional punya standard supaya calon mahasiswanya punya kemampuan dasar di setiap mata pelajaran dong. Sekarang kalo kamu gak sempet ngisi contohnya pelajaran bahasa Inggris sama sekali …

itu artinya sama aja kamu ngasih sinyal ke PTN yang kamu tuju bahwa kamu tuh gak bisa berbahasa Inggris sama sekali! Di sisi lain, pastinya PTN top nasional punya standard supaya calon mahasiswanya bisa berbahasa Inggris dengan cukup baik dong.

Dengan kata lain, selain ngerjain soal dengan cepat, kamu juga harus mikirin porsi pengerjaan setiap sesi per mata pelajaran, supaya sebisa mungkin seimbang.

Buat kamu yang emang bertekad mau masuk jurusan favorit, pastikan target pengerjaan soal kamu tiap soal setinggi mungkin bahkan kalo bisa semua soal TPA & Matematika dasar harus bisa kamu kerjain semua dengan benar.

Bagi kamu yang emang gak ngejar jurusan favorit, dengan pembagian target waktu dan jumlah soal seperti ini… Mungkin emang gak semua soal bisa sempet kamu jawab karena waktunya emang sengaja dibuat supaya mepet banget. 

Tapi senggaknya kamu bisa mengalokasikan seluruh kemampuan kamu secara merata dan efektif pada semua soal yang pasti bisa kamu kerjakan. Coba kamu biasakan untuk disiplin membagi porsi waktu pengerjaan dari sejak try out jadinya nanti pas hari-H ,kamu udah terbiasa disiplin memanfaatkan waktu secara optimal.

Terlepas dengan target waktu dan jumlah soal yang harus kamu buat, kamu harus pastikan untuk disiplin dalam pembagian waktu. Kalo emang pas ngerjain soal TPA kamu udah menyentuh menit ke-40 tapi belum sempet ngerjain soal sesuai dengan target.

Kamu tetap harus maju ke sesi soal matematika dasar berikutnya supaya semua sesi bisa kamu kerjakan secara merata dengan porsi waktu dan usaha yang seimbang. 

Nah, cara melatih kedisiplinan gini ya mau gak mau kamu harus rajin Try Out mandiri.

4. Luangkan sedikit space waktu untuk mengerjakan ulang soal yang belum terwujud

Kemungkinan kamu udah bisa nebak point di tips nomor 4 ini. Yah, intinya setelah kamu berhasil ngerjain soal sesuai target di setiap section dengan cukup merata, usahakan kamu masih nyisain sedikit waktu untuk ngulang soal yang gak sempet atau lo lewatin.

Kamu juga bisa gunakan waktu terakhir ini untuk hal-hal lain yang gak kalah pentingnya, seperti mengecek ulang kelengkapan informasi dalam lembar jawab, pastikan nomor peserta ujian bener, penulisan nama bener sesuai dengan kartu ujian, pembulatan dalam LKS PBT sudah rapih, dan lain-lain.

Khusus untuk menjalankan tips nomor 4 ini, biasanya saya punya trik tersendiri untuk membuat simbol atau tanda tertentu sepanjang ujian untuk memudahkan saya mengalokasikan waktu spare time ini dengan lebih efektif.

Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, dalam sepanjang saya ngerjain soal ujian… saya biasanya meninggalkan jejak berupa simbol di setiap soal yang saya kerjain. Simbol yang saya pakai seperti ini,

Simbol bintang (☆) : soal yang saya anggap mudah & bisa langsung dikerjain dengan cepat. 

Simbol segitiga (△) : soal yang kira-kira saya tau caranya tapi butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Simbol lingkaran (o) : soal yang saya anggap sulit dan betul-betul belum tau gimana cara ngerjainnya.

Simbol kotak (□) : soal yang aneh, kemungkinan salah ketik soal / gak ada jawabannya.

Jadi cara kerjanya gini, sepanjang saya ngerjain soal terus langsung ketemu jawabannya (saya yakin jawabannya bener), saya akan langsung kasih tanda bintang (☆) di pinggir soalnya. 

Begitu ketemu soal yang kira-kira bakal lama kerjainnya, saya lewat dulu tapi saya kasih tanda segitiga (△), 

begitu saya ketemu soal yang sulit, asing, dan kemungkinan besar gua gak akan bisa ngerjain, saya lewatin soalnya terus saya kasih tanda lingkaran (o). 

Terakhir, begitu ketemu soal yang saya pikir agak aneh, salah ketik soal, atau gak ada jawabannya padahal soalnya mudah, saya kasih tanda kotak (□).

Nah selain trik mengerjakan soal ujian dengan cepat, kamu juga harus pandai dalam memotivasi diri agar terus semangat saat ujian. Nah Menurut saya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa atau mahasiswa dalam membangun motivasi belajar.

1. Restu dari orang tua. 

Ridho orang tua adalah ridho Tuhan. Dengan meminta doa restu dari orang tua maka secara emosional kamu lebih tenang dan yakin dalam mengerjakan soal ujian. Dalam agama Islam, siswa dan orang tua siswa disarankan berpuasa sunnah agar niat mulia lulus ujian bisa terkabul.

2. Belajar materi pelajaran dengan rajin. 

Penguasaan materi belajar biasanya telah dimulai jauh hari kita menempuh kegiatan pendidikan Pada beberapa bulan jelang pelaksanaan ujian frekuensi akan lebih ditingkatkan. Pahami kisi-kisi soal ujian melalui informasi yang tersedia 

3. Memahami tips sukses ujian.

Tips sukses ujian menyangkut beberapa hal. Mulai dari metode Smart Solution, metode kumon, cara memilih pensil 2B, cara mengarsir lembar jawaban, dan lain-lain. Pengetahuan tips sukses ujian akhir sekolah bisa dipelajari melalui latihan.

4. Berdoa kepada Allah SWT

Yang terakhir, jangan melupakan peran serta Allah SWT sebagai pintu terakhir pengharapan. Sehebat apapun usaha yang kamu lakukan hendaknya selalu melibatkan Allah SWT dalam bekerja. Usaha dan kerja keras pada akhirnya harus disertai kepasrahan diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Motivasi belajar seringkali mengalami grafik naik dan turun. Oleh karena itu, orang tua dan pengajar / dosen hendaknya telaten membantu siswa / mahasiswa menemukan motivasi belajar mereka. Kedekatan emosional antara orang tua dan siswa bisa mengurangi timbulnya miskomunikasi yang tidak perlu. 
Mudah-mudah tips sukses ujian ini bisa membantu kamu menemukan motivasi belajar yang baik ya πŸ˜‰.

Rabu, 24 Oktober 2018

,

Cara mengenali seseorang hiperseks atau tidak serta penanganannya

Cara mengenali seseorang hiperseks atau tidak serta penanganannya - hiperseksual adalah istilah klinis untuk peningkatan libido secara ekstrim dengan intensitas yang tinggi. Istilah lain dari hiperseksual adalah hiperseks, nymphomania, dan satyriasis.


Nymphomania adalah istilah lama yang digunakan dalam dunia medis untuk mendeskripsikan penderita kecanduan seks akan tetapi tidak berlaku lagi.

Banyak yang menganggap hiperseksual sebagai sebuah penyakit, akan tetapi dunia medis menyatakan hiperseks sebagai sebuah kondisi atau gejala penyakit lainnya sebagai contoh gejala hiperseks bipolar atau sindrom KlΓΌver-Bucy.

Pada beberapa kasus, hiperseksual disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatan atau perawatan penyakit sebagai contoh terapi Parkinson.

Hingga saat ini, peneliti medis belum mencapai kesepakatan terkait apakah hiperseks sebuah kondisi utama atau perilaku impulsif.

Ciri-ciri wanita hiperseks

1. Masturbasi berlebihan

2. Mendambakan hubungan seksual hingga mengganggu kehidupan sehari-hari

3. Menghabiskan waktu untuk merencanakan kegiatan seks

4. Sering mengonsumsi konten-konten pornografi

5. Punya banyak pasangan berhubungan seks

6. Tidak terikat secara emosional dengan pasangan

7. Menginginkan pasangan berhubungan yang mustahil

8. Ketidakmampuan untuk berhenti dari aktivitas seksual

Ciri-ciri Pria Hiperseksual

Tidak pernah merasa puas saat berhubungan seks, walaupun ia sudah mengalami orgasme. Inilah terkadang yang membuat pria hiperseks tidak puas dengan satu wanita.

Tuntutan seks tidak bisa ditunda
Tidak bisa mengontrol keinginan seks
Sangat tergila-gila dengan hal-hal yang berhubungan dengan seks

Pada umumnya, orang yang mengalami hiperseks tidak bisa disembuhkan. Pengobatan atau rehabilitasi yang ada hanya bisa mengurangi atau melatih untuk mengontrol keinginan seksnya yang sangat besar.

Penyebab Wanita Hiperseksual

Hiperseks yang dialami oleh kaum wanita seringkali disebabkan oleh penyimpangan selama masa pertumbuhan dari usia balita sampai remaja.

Kekerasan dalam rumah tangga yang sering dialami oleh ibu, seringkali sang ayah berbuat kasar terhadap ibu merupakan kejadian yang dapat dijadikan sebagai contoh penyebab hiperseks atau kelainan seksual pada wanita.

Berbekal dari pengalaman buruk tersebut yang menjadikan pemicu penyebab hiperseks atau kelainan seksual pada wanita. Ketika ia tumbuh dewasa, ia berusaha mencari pendamping yang lebih baik dari ayahnya.

Namun, dalam pencariannya ia tidak berhasil menemukan sosok pria yang diinginkannya, sehingga pada akhirnya ia masuk dalam pergaulan banyak orang untuk mencari dan terus mencari sosok pria yang diinginkannya.

Kondisi seperti ini mengakibatkan gejala ataupun dampak buruk bagi wanita yang menderita hiperseks atau kelainan seksual.

Jika wanita sudah masuk dalam pergaulan banyak orang dan mengenal hubungan seks serta kebiasaan bergonta-ganti pasangan, hal ini akan mengakibatkan kecanduan seks sama halnya dengan merokok.

Berbeda dengan pria, hiperseks yang dialami oleh wanita sepenuhnya disebabkan oleh faktor psikis.

Penyebab pria hiperseksual


Satyriasis adalah sebutan Hiperseks yang diderita oleh kaum pria, hal ini terjadi akibat kelainan yang disebabkan faktor fisik maupun faktor psikis.

Peradangan yang terjadi disaluran kemih merupakan faktor fisik yang mengakibatkan seorang pria mengalami kelainan gangguan seksual.
Akibat dari peradangan yang terjadi disaluran kemih tersebut, menimbulkan rangsangan yang mengakibatkan seorang pria terkesan haus untuk melakukan hubungan seksual.

Bagi kamu yang merasa mengalami hal seperti ini, segeralah melakukan upaya pengobatan. Karena dikhawatirkan peradangan tersebut akan meluas menjadi peradagan di buah zakar yang mengakibatkan tubuh Anda tidak dapat memproduksi hormon testosteron dengan baik.

Sementara hiperseks atau kelainan seksual pada pria yang disebabkan oleh faktor psikis adalah seringkalinya muncul ketidaknyamanan dalam diri yang menyebabkan kebutuhan akan kedekatan dengan pasangan semakin meningkat

Misal, seorang pria khawatir tidak mendapatkan perhatian dari pasangannya akibat kekurangan yang dimiliki, untuk menutupi kekurangan pada dirinya.

Lantas, ia mencoba berusaha untuk membuktikan keperkasaannya diatas tempat tidur sebagai wujud kelebihan yang ia miliki.

Cara mengatasi kondisi hiperseksual

1. Psikoterapi

Ini adalah bagian yang sangat penting dari setiap jenis pengobatan terhadap kecanduan. Isu yang akan dibahas dalam sesi terapi ini termasuk mengidentifikasi, mengubah pola pikir negatif dan membatasi keyakinan, berurusan dengan konflik internal, meningkatkan wawasan dan kesadaran diri, dan melihat hubungan antara masalah interpersonal dan kecanduan Anda.

2. Terapi kelompok

Terapi kelompok melibatkan sesi reguler dengan sejumlah kecil pecandu seks lainnya. Sesi ini dipimpin oleh seorang terapis. Jenis terapi ini sangat bermanfaat, karena masing-masing anggota kelompok dapat saling mendukung dan belajar dari pengalaman masing-masing. 

Terapi ini juga ideal untuk menghadapi alasan, pembenaran, dan penolakan yang berjalan seiring dengan perilaku kecanduan.

3. Terapi keluarga dan pasangan

Perilaku adiktif selalu berdampak pada keluarga dan kerabat. Sesi terapi ini memberikan kesempatan Anda untuk mengatasi emosi, konflik yang belum terselesaikan, dan perilaku problematik.

Sesi ini dapat memperkuat sistem pendukung utama kamu dengan membantu orang-orang terdekat kamu mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan kecanduan yang Anda miliki.

4. Obat-obatan

Obat-obatan sering memainkan peran utama dalam pengobatan gangguan hiperseksual. Beberapa obat dapat membantu mengurangi perilaku kompulsif dan pikiran obsesif, sementara yang lainnya dapat menargetkan hormon tertentu yang terkait dengan kecanduan seks atau dapat mengurangi gejala yang menyertai seperti depresi atau kecemasan.

a. Antidepresan

Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) adalah jenis yang paling umum dari antidepresan yang digunakan untuk mengobati hiperseksualitas. SSRI termasuk obat-obatan seperti Paxil, Prozac, dan Zoloft. 

Obat tersebut dapat membantu mengurangi pikiran obsesif dan perilaku kompulsif. Mereka juga membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

b. Antiandrogen

Obat ini dapat menargetkan efek androgen (hormon seks) pada laki-laki dan mengurangi dorongan seksual. Antiandrogen biasanya digunakan untuk mengobati pria pedofil.

c. LHRH (Luteinizing Hormone-Releasing Hormone)

Obat ini menurunkan produksi testosteron dan membantu mengontrol pikiran obsesif yang berkaitan dengan kecanduan seksual.

d. Penstabil mood

Obat dalam kategori ini termasuk Lithium dan Depakote. Umumnya obat ini digunakan untuk mencegah episode manik pada individu dengan gangguan bipolar, obat ini efektif dalam membantu mengurangi dorongan seksual yang intens.

e. Naltrexo

Obat ini sering digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol dan ketergantungan opioid. Sebagai agonis opioid, ia bekerja dengan menargetkan pusat kesenangan di otak yang berhubungan dengan beberapa jenis perilaku adiktif.

Akan sulit untuk menemukan keberanian dalam mencari bantuan, terutama karena hal ini terasa cukup memalukan. 

Sayangnya, beberapa pecandu seks tidak mencari pengobatan hingga mereka mencapai titik ketika mereka dihukum akibat pelanggaran seks atau ketika anggota keluarga dan pasangan memberikan ultimatum. 

πŸ“ŒArtikel ini Disadur dari beberapa sumber

Jumat, 19 Oktober 2018

,

Cara merawat kacamata agar awet dan tahan lama di gunakan

Cara merawat kacamata agar awet dan tahan lama di gunakan - Bagi Kamu pengguna kacamata tentu ingin penampilan menjadi lebih menarik kan? Tidak hanya mengikuti tren model kacamata fashion aja yang diperhatikan.

tetapi perawatan kacamata itu sendiri akan menunjang penampilan, karena selain supaya kacamata kamu awet juga agar menarik dipandang.

Dalam merawat kacamata hal yang paling utama adalah membersihkan kacamata secara rutin setelah dipakai dengan kain khusus seperti microfiber.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran berupa lemak dan keringat di lensa kacamata yang mampu merusak lapisan atau coating lensa dan juga bisa menyebabkan korosi di frame metal kacamata.

Adalah wajib bagi kamu menggunakan kedua tangan kanan dan tangan kiri saat memakai dan melepas kacamata.

Karena, bila menggunakan satu tangan maka akan merubah bentuk tangkai kacamata yang akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkacamata.

Resikonya, perlu penyetalan ulang. Hal yang perlu dihindari juga adalah tidak mencoba melakukan penyetelan sendiri karena akan berisiko tinggi merusak kacamata kamu.

Bila kacamata sedang tidak dipakai, maka kamu dianjurkan untuk menyimpannya dengan rapi di dalam kotak kacamata yang telah disediakan oleh optik.

Karena selain menghindari debu dan kotoran, juga melindungi kacamata dari goresan. Atau bila tidak sempat memasukkan ke kotak optik, kamu dapat meletakkannya di atas permukaan datar dengan posisi gagang terbuka.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah tidak menaruh kacamata di atas kepala kamu (seperti layaknya bando), atau menaruhnya di dalam kantong baju.

Hal ini untuk menghindari lensa dari gesekan, serta hindari pula kacamata dari semprotan minyak wangi, hairspray dan bahan kimia lainnya.

Nah ini dia beberapa cara merawat kacamata yaa guys ... Mohon di perhatikan jika kamu adalah seorang pemakai kacamata dalam kegiatan sehari -hari
1. Bersihkan kacamata secara rutin atau teratur

• 
Pastikan membersihkan kacamata secara rutin setiap kali kamu memakainya.

Jangan gunakan tisu yang bisa merusak lensa. Gunakanlah kain khusus untuk kacamata, contohnya microfiber.

• Jangan lupa juga gunakan pembersih khusus lensa kacamata. Jika tidak ada, bersihkan kacamata kamu bisa menggunakan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir.

• Hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering, agar tidak menggores lensa dan jangan menekannya terlalu keras.

• Pembersihan kacamata secara rutin bisa menghindari penumpukan kotoran berupa minyak atau keringat di sekitar lensa kacamata.

Minyak atau keringat tersebut ternyata mampu merusak lapisan lensa dan menimbulkan korosi di frame kacamata yang terbuat dari metal.

• Jika kamu punya waktu, bersihkan kacamata di optik tepercaya, setidaknya seminggu sekali.

2. Menggunakan kedua tangan

Kalau kamu terbiasa memakai atau melepas kacamata dengan satu tangan, ada baiknya hentikan kebiasaan ini.


Karena jika kamu melakukan hal tersebut, bentuk tangkai kacamata akan berubah, sehingga bisa mengganggu kenyamanan kamu dalam memakainya.

Risikonya? Kamu harus menyetel ulang. Pastikan juga kamu tidak melakukan penyetelan ulang sendiri, karena akan berisiko tinggi merusak kacamata kamu.

3. Hindari meletakkan kacamata di atas kepala

Kamh termasuk orang yang sering melakukan ini? Baik, mulai sekarang hindari juga kebiasaan ini.

Meletakkan kacamata di atas kepala seperti mengenakan bando malah akan membuat banyak gesekan pada lensa kacamata. 

Kebiasaan tersebut juga sama buruknya jika kamu memilih menyangkutkan gagang kacamata di saku kemeja, karena hal itu bisa merusak lensa kacamata.

Pastikan untuk melindungi kacamata dari semprotan minyak wangi, hairspray dan bahan kimia lain.

4. Menyimpannya dengan rapi mungkin

Ketika kamu tidak menggunakan kacamata, pastikan jangan menaruhnya di sembarang tempat. Simpan kacamata dengan rapi di kotak kacamata yang disediakan oleh optik.

Selain bisa menghindarkan kacamata dari debu dan kotoran, menyimpan kacamata di dalam kotak khusus bisa melindungi lensa kacamata dari goresan.


Demikian cara merawat kacamata agar awet dan tahan lama di gunakan semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih πŸ˜ƒ

Minggu, 14 Oktober 2018

Cara dan alur pengurusan pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM)

Cara dan alur pengurusan pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM) - mungkin sebagian besar dari kamu belum mengetahui apa itu SKTM ? Dan apa kegunaan serta cara membuatnya ? Berikut ada lah penjelasannya...

SKTM (surat keterangan tidak mampu) adalah surat yang dikeluarkan oleh pemerintah, dalam hal ini melalui Kelurahan atau Desa, bagi keluarga miskin. 



Contoh tampilan
Surat keterangan tidak mampu
SKTM ini berguna bagi keluarga miskin untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan gratis di Puskesmas atau rumah sakit yang terdapat di lingkungan tempat kamu tinggal, khususnya bagi kamu yang belum memiliki jaminan kesehatan dalam bentuk apa pun.

Di samping itu, SKTM juga bisa berfungsi untuk membantu keluarga miskin dalam mendapatkan keringanan biaya pendidikan atau sekolah. SKTM juga bisa digunakan untuk keperluan lain yang memang membutuhkan surat keterangan ini.

Untuk mendapatkan SKTM ini, masyarakat harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, masyarakat yang bisa memperoleh SKTM adalah mereka yang benar-benar dikategorikan keluarga tidak mampu. Selain itu, alamat yang tertera di KTP harus sesuai dengan domisili keluarga yang bersangkutan.

Sementara untuk mendapatkan SKTM ini, keluarga miskin harus menyiapkan Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi.

Nantinya, kedua dokumen tersebut dibawa ke Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk meminta surat pengantar kurang mampu. Kemudian, surat pengantar dari RT (beserta fotokopi KTP dan KK) ini dibawa ke Kelurahan atau Kantor Desa.

Usai memperoleh SKTM dari Kelurahan atau Desa, surat tersebut bisa dibawa ke lembaga yang dituju, misalnya lembaga kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit. Selain itu, SKTM ini juga bisa dibawa ke lembaga pendidikan untuk mendapatkan keringanan biaya.

Khusus untuk lembaga kesehatan, misalnya Puskesmas, pihak Puskemas akan melakukan survei terlebih dahulu ke tempat tinggal keluarga yang mengajukan SKTM. 

Setidaknya, ada tujuh kriteria yang disurvei oleh pihak Puskesmas (jika ingin mengajukan SKTM untuk keperluan ke puskesmas/rumah sakit) , yakni:

a. Luas tanah hunian kurang dari 8 m2 per anggota rumah tangga.

b. Jenis lantai hunian sebagian besar tanah.

c. Tidak ada fasilitas air bersih.

d. Tidak ada fasilitas toilet.

e. Tidak ada kepemilikan aset.

f. Konsumsi lauk pauk dalam satu minggu tidak bervariasi.

g. Tidak mampu membeli pakaian satu set dalam satu tahun untuk setiap anggota keluarga.

Cara membuat Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM

Dokumen yang harus disiapkan:

1. Fotocopy KTP




2. Fotocopy Kartu Keluarga




3. Dan bawa ktp serta kk asli jika diminta.

Tahapan Mengurus Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan atau Desa

Setelah Anda sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti yang di sebutan diatas.
Datang langsung ke RT/RW untuk meminta surat pengantar surat keterangan tidak mampu.

Jika Anda sudah dapat surat pengantar surat keterangan tidak mampu dari rt/rw.
Datang langsung ke Kelurahan atau Desa sesuai alamat ktp Anda.

Serahkan kepada petugas loket kelurahan surat pengantar dari rt/rw tersebut, dengan dilengkapi fotocopy ktp Dan fotocopy kartu keluarga.

Jika sudah Anda akan diminta menunggu sampai Surat Keterangan Tidak mampu atau SKTM sudah jadi dan Anda akan dipanggil.

Contoh surat keterangan tidak mampu yang di terbitkan oleh pihak kelurahan


PEMERINTAH KOTA TANGERANG
KECAMATAN PINANG
KELURAHAN KUNCIRAN INDAH
Jln. MH Thamrin No.1 Telp. (021) 8997526197
================================================================
SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
Nomor:001/SKTM/IV/2018
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala kelurahan kunciran indah Kecamatan pinang Kota Tangerang dengan ini menerangkan bahwa :

Nama: hanish Sabhara putra
Ttl: Tangerang, 09 september 1997
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Alamat Rumah: kp. Bojong Kel. Kunciran indah RT 002 RW 010

Adalah benar warga kelurahan kunciran indah sesuai dengan alamat tersebut di atas dan sejauh pengamatan kami warga tersebut TERGOLONG DALAM KEADAAN TIDAK MAMPU.

Surat keterangan ini diberikan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.

Tangerang 13 Oktober 2018
Kepala kelurahan
TTD
(putra septiana SH., MH)

Demikian Cara dan alur pengurusan pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM) Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. πŸ˜‰

Jumat, 12 Oktober 2018

, ,

15 cara menghilangkan rasa pusing atau pening

15 cara menghilangkan rasa pusing atau pening - bila kita sedang dilanda rasa pusing memang sangat menyusahkan, susah untuk beraktivitas, susah untuk berfikir, susah segala-galanya dah pokoknya kalo kita lagi pusing.

Itu juga yang sering saya alami jika saya sedang kelelahan, dan penat menjalankan aktivitas.

Oleh karenanya saya berinisiatif untuk mencari 1000 cara agar rasa pusing yang saya alami dapat hilang dan dapat menjalani aktivitas - aktivitas selanjutnya.

Nah sekarang saya ingin membagikan beberapa cara yang pernah saya lakukan untuk menghilangkan rasa pusing di kepala saya

Cekidot....

1. Hindari sebisa mungkin cahaya yang terlalu terang.

saat kamu merasa pusing, karena bisa jadi cahaya tersebut yang menyebabkan kamu pusing, cahaya lampu, cahaya televisi, cahaya laptop ataupun smartphone bisa jadi biang keladainya.

2. Hindari stress berlebih

yang bisa jadi pemicu kamu merasa pusing dan sakit kepala, jangan biarkan stres terjadi berlarut-larut pada diri kamu.

3. Lakukan streaching

juga bisa untuk mengatasi pusing dan sakit kepala, gerakan senam peregangan yang ringan bisa jadi pilihan kamu, karena sakit kepala bisa disebabkan oleh otot-otot yang kaku.

4. Minum kopi

secara berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh, namun jika kamu mengonsumsi kopi dalam jumlah wajar, yaitu tidak lebih dari 2 hingga 3 cangkir dalam sehari ternyata juga memiliki efek baikk.


karena kopi yang mengandung kafein cukup efektif untuk mengobati sakit kepala.

Sekali lagi mengonsumsi kopi tidak boleh banyak-banyak karena jika terlalu banyak malah justru bisa menimbulkan sakit kepala loh guys.

5. Gosokkan es batu

pada bagian yang terasa pusing juga bisa untuk mengurangi rasa pusing dikepala. Es batu bisa menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang sakit tersebut sehingga bisa mengurangi rasa sakitnya.

6. Telentang

bisa untuk meningkatkan aliran darah ke otak, dan mengurangi rasa pusing dikepala.

7. Hindari rasa haus dan lapar

Jadi usahakan untuk makan tepat waktu dan minumlah air yang cukup, setidaknya 8 gelas sehari sepertinya yang dianjurkan banyak orang.


Jangan lupa juga untuk menyiapkan makanan riangan agar kamu tidak terlambat makan.

8. Kompres bagian belakang leher

kompreslah bagian belakang leher selama 10 menit. Hal ini dapat dilakukan sambil berbaring. Bahkan ketika tidak pusing sekalipun ini cukup baik untuk rileksasi.

9. Minum beberapa gelas air


usahakan air hangat, terutama ketika bangun tidur. Terkadang kamu merasa pusing kerena dehidrasi, apalagi setelah tidur cukup panjang yang terkadang bisa menyebabkan kekurangan cairan tubuh.

10. Duduk dengan nyaman


atau berbaring saja ditempat yang menurut kamu paling nyaman. Lalu ambil nafas yang dalam beberapa kali hingga pusing menghilang. Cara ini merupakan yang paling mudah untuk menghilangkan pusing.

11. Oleskan minyak peppermint


pada bagian pelipis mata. Jika kamu menggunakan kemasan minyak essensial dalam bentuk roll on maka akan lebih praktis digunakan. Namun perlu hati-hati untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

12. Makan permen jahe


atau minum teh jahe maupun asupan-asupan lain yang mengandung jahe bisa meredakan rasa pusing. Konsumsilah dua kali sehari supaya bisa cepat menghentikan rasa pusing yang kamu alami.

13. Memijit pelipis dan peregangan kecil

Terserang sakit kepala ketika bekerja akan mengganggu fokusmu. Luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil.

agar otot-ototmu mengalami relaksasi dan kamu dapat kembali bekerja dengan tenang. Lakukan terhadap otot-otot yang kamu rasa tegang, misalnya leher dan tangan.


14. Makan kentang rebus 

Menurut seorang ahli vitamin, dr. George Obikoya, kalium dapat menjadi pereda nyeri alami, termasuk sakit kepala. Juga, kekurangan kalium dapat menyebabkan sakit kepala atau keluhan lainnya.

Nah, karena kentang mengandung kalium yang tinggi, makanlah kentang rebus untuk meredakan sakit kepalamu. Direbus ya, jangan digoreng.

15. Nonton film komedi atau lawak

Menonton film komedian dapat mengendorkan saraf dan membuat pikiran jadi lebih ringan.

Demikian 15 cara menghilangkan rasa pusing atau pening Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Selasa, 09 Oktober 2018

,

Solusi Daftar CPNS Saat KK Tidak Sesuai Dengan NIK

Sebelumnya saya ga pernah mempunyai pengalaman yang tidak mengenakkan seperti ini. Hal ini terjadi saat saya mencoba untuk mendaftarkan diri saya untuk CPNS. 



Waktu mencoba regristasi di situs resminya. Hari pertama sangat sulit untuk diakses, kemudian hari ke2 dan ke3, sampai akhirnya saya mencoba pada hari ke 5. Alhamdulillah sudah lancar. 

Namun apa yang terjadi saat jari - jari saya menyelesaikan ketikan NIK dan no KK ternyata loadingnya lama. Setelah itu saya ulangi lagi langkah berikutnya dan ternyata ada notifikasi yang berkata "NIK tidak sesuai dengan KK."

Akhirnya saya teliti satu demi satu angkanya. Barang kali aja saya salah ketik, setelah selesai input ulang pada akhirnya saya pun tekan enter namun hasilnya tetap sama yaitu no NIK dan KK tidak cocok. Sehingga saya sempat kecewa dan ingin menyerah untuk mendaftar ke CPNS. 

Setelah itu saya merenungkan nasib saya. Kok jelek gini. Wkkwk. Pada akhirnya saya mengeluh pada grup keluarga saya, dan bilang kalau saya mau memutuskan tidak ikut CPNS karena no.KK saya tidak bisa buat daftar.

Mama saya dan keluarga yg ingin saya jadi PNS akhirnya tidak menyerah. Saya disuruh ngurus ke dinas kependudukan wilayah Malang karena jika ada masalah tentang data seperti ini bisa diselesaikan disana. 

Yah betapa malasnya diriku untuk pergi kesana, apalagi saya itu orang sibuk yang harus berangkat pagi dan pulang sore untuk bekerja. Mana sempat untuk pergi mengurus hal tersebut. Pada akhirnya saya searching dulu di google nasib - nasib orang seperti sayarti saya .

Singkat cerita setelah membaca beberapa artikel, dan komentar - komentar orang mengenai masalah ketidakcocokan NIK dan KK ternyata saya menemukan jawabannya. 

Ini terjadi akibat adanya data yang kembar di dinas kependudukan, jadi sistem tidak bisa membaca data yang baru. Dinas kependudukan menyarankan untuk mencabut data lama yang ada di dinas kependudukan kota yg lama apabila anda baru pindah tempat tinggal atau domisili.

Setelah itu Intan baru tersadar bahwa Intan memang habis bikin KK baru di Malang setelah menikah beserta lengkap ktp sementaranya. KTP sementara yg hanya berlaku selama 6 bulan pada bulan ini sudah kadaluarsa, dan belum saya urus karena memang belum ada waktu.

Mungkin karena hal inilah yang menjadikan KK saya yang baru tidak cocok karena ternyata setelah saya coba - coba mendaftarkan no KK ternyata yang sesuai adalah KK baru dari mama dan adik saya. Padahal di cetakan KK tersebut nama saya sudah tidak ada karena saya sudah membuat KK baru dengan suami. 

Untung saja, bisa cocok jadi saya gak perlu mondar mandir ke dinas kependudukan untuk mengurus masalah ini. 

Untuk anda yang punya masalah sama seperti saya yang tidak bisa regristasi CPNS karena kendala nomer KK dan NIK tidak sesuai, cobalah untuk menginput no KK lain yg anda punya. Mulai dari KK lama, KK baru, maupun KK punya keluarga anda meski nama anda sudah tidak tercantum pada KK tersebut. Gampang benget khan ya.. hehe.. :D

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Selasa, 02 Oktober 2018

,

19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda

19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda - kali ini saya akan membahas sedikit tentang maraknya tindak pencurian di rumah yang sedang ditinggali oleh sang pemiliknya (rumah kosong).

Sering kali kita mendapatkan berita seorang / sekelompok pencuri berhasil menggasak barang-barang mewah dari rumah yang sedang kosong.

Biasanya tindak pidana ini terjadi disaat hari-hari libur nasional panjang seperti hari raya idul Fitri, hari raya idul adha & hari natal.

Banyak diantara kita yang sering sekali lengah meninggalkan rumah begitu saja tanpa memperhatikan keamanan rumah yang ditinggal berpergian.

Berikut adalah sedikit tips atau cara mencegah pencuri membobol rumah kamu saat kamu sedang berpergian



Simak penjelasan berikut ini

1. Pasang lampu dengan pencahayaan yang terang


Lampu benderang atau lebih baik lampu sorot bisa mencegah maling masuk rumah asalkan dipasang tepat di atas jendela atau pintu, bisa juga di tempat yang gelap. Pasalnya, pencuri rumah biasanya masuk melalui jalur yang kurang penerangannya.


2. Membuat tulisan peringatan (psywar)

Tuliskan kata-kata peringatan, baik pada papan, maupun kertas. Misalnya, ditulis: “Jangan Macam-Macam! Rumah Ini Dipasang CCTV dan Alarm”. Bisa juga ditulis, “Loe Bongkar Rumah Gue, Loe Bisa Kojor Babak Belur.” 


Tulisan kayak begini secara psikologis bisa mengelabui si pencuri agar nggak masuk rumah.

Padahal sebenarnya, rumah Anda tak dipasang CCTV dan alarm. Tulisan peringatan ini bisa ditempel di jendela atau dekat pintu.

3. Cantelkan tutup panci atau semacamnya pada gagang pintu atau jendela rumah kamu

Suara tutup panci atau cangkir yang jatuh bisa mengejutkan pencuri asalkan dicantelkan pada gagang pintu atau jendela dengan posisi yang mudah terjatuh kalau ada yang membukanya.


4. Nyalakan tevisi semalaman

Memang sih jadi boros energi. Tapi cara ini bisa menipu calon pencuri yang mengira penghuni rumah masih melek menonton televisi.

5. Kunci semua pintu dan jendela rumah mu

Pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci sebelum Anda tidur atau hendak meninggalkan rumah.

6. Pasang teralis berbahan kuat

Pasang teralis pada jendela rumah hal ini akan mengurangi salah satu jalan masuknya pencuri kedalam rumah.

7. Jika dirasa membutuhkan, tidak ada salahnya pasang beberapa cctv

Jika rumah kamu besar tidak ada salahnya untuk memasang cctv atau kamera di area yang mudah untuk di monitor.

8. Simpan barang-barang berharga ke tempat yang dirasa paling aman dan tidak dimungkinkan orang mengetahuinya.

Simpanlah semua barang berharga kamu seperti perhiasan atau uang pada tempat yang tersembunyi, atau jika diperlukan kamu dapat juga memakai jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

9. Catat nomor-nomor penting / nomor-nomor darurat

Catat semua nomor-nomor penting seperti nomor petugas keamanan terdekat, ketua RT, bahkan nomor-nomor telepon tetangga terdekat.


Jika terjadi sesuatu yang mencurigakan dirumah Anda maka Anda dapat menghubungi nomor tersebut.

10. Jangan pamer!

Rumah yang terlihat paling mewah di lingkungan kamu pasti akan menjadi sasaran utama. Oleh karena itu jangan suka pamer. Jika Anda membeli televisi baru atau sound system yang mahal, jangan meninggalkan kardus kemasan di luar rumah.


Jangan biarkan anak-anak meninggalkan sepeda dan mainan lainnya tergeletak di halaman depan, dan lain-lain. 

Dengan kata lain, jangan mengiklankan bahwa kamu memiliki barang-barang bernilai tinggi untuk mengundang penyusup potensial

11. Jangan berikan tempat yang nyaman untuk bersembunyi

Jangan membuat rumah menjadi target dengan menyediakan tempat bersembunyi yang nyaman. Jauhkan pohon dan semak-semak jauh dari pintu, jendela dan titik masuk lainnya.


Kamu tetap dapat memiliki taman, tapi jaga tanaman tetap terawat sehingga tidak memberikan tempat bersembunyi bagi pencuri.

Jika Anda menyukai tanaman semak di sekitar rumah, pilihlah tanaman berduri yang tidak ramah bagi penyusup untuk bersembunyi.

12. Selalu kenali siapa saja tetangga kamu

Apakah tahu bahwa tetangga yang usil ternyata bisa membantu mencegah pencurian? Coba bertemanlah dengan seluruh keluarga yang tinggal di dekat kamu.


Lingkungan yang memiliki warga yang ramah dan suka bersosialisasi memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah. Hal ini karena munculnya orang asing akan terlihat sangat menonjol. Berteman dengan tetangga kamu dapat menjadi cara mencegah pencuri membobol rumah yang terbaik.

Tawarkan untuk saling menjaga dan mengawasi rumah tetangga kamu khususnya saat kamu atau tetangga sedang berpergian.

Kamu bahkan dapat mengusulkan kesepakatan dengan warga sekitar untuk ronda bersama. Awasi orang asing yang berkeliling di lingkungan dan saling memberitahu bila ada perilaku yang mencurigakan.


Dan segera panggil polisi jika kamu melihat aksi kejahatan. Segera bunyikan alarm jika diperlukan. Pencegahan lebih baik daripada menyesal kemudian.

13. Pasangan alarm rumah

Cara mencegah pencuri membobol rumah kamu yang terakhir adalah memasang sistem alarm rumah. Ada banyak pilihan yang tersedia mulai dari sistem yang hanya mengawasi akses masuk hingga alarm canggih yang menggabungkan deteksi gerakan dan getaran sensor, pemantauan dengan smartphone, hingga perekaman video CCTV. 


Ada beberapa pilihan untuk yang memiliki dana terbatas. Kamu mungkin akan terkejut betapa terjangkaunya harga sistem alarm untuk keamanan rumah.

Alarm rumah adalah salah satu alat terbaik untuk pencegahan pencuri, jadi pastikan setiap orang dalam keluarga kamu tahu bagaimana untuk menggunakan sistem alarm ini.

Namun, jangan ajarkan anak-anak kecil password alarm tersebut. Aturan praktisnya adalah, jika mereka tidak cukup dewasa untuk tinggal di rumah sendirian maka ia tidak perlu tahu.

Ingat bahwa mereka mungkin akan tidak sengaja keceplosan memberikan kode tersebut kepada seseorang yang tidak dikenal dengan sedikit bujukan

14. Ajari anak tentang bahaya orang yang tidak dikenal

Meskipun penting untuk mengajarkan anak kesopanan, mereka juga harus tahu untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing atau orang yang tidak dikenal ketika mereka sendirian. 


Beritahu anak-anak kamu bahwa mereka tidak boleh membuka pintu untuk orang asing dan harus selalu meminta pengunjung untuk mengidentifikasi dirinya sendiri. 

15. Jangan pernah sekali-kali meninggalkan kunci rumah dibawah keset

Sudah jadi pengetahuan umum, beberapa orang kerap kali tidak mau membawa kunci rumah dan hanya meninggalkan kunci dibawah keset maupun di bawah pot bunga. Jagan lakukan hal ini.

16. Meminta bantuan petugas keamanan setempat

Tidak ada salahnya pula meminta bantuan satpam untuk rajin mengecek keadaan rumah kita ketika rumah kamu tinggal kosong.

17. Menghentikan langganan sementara waktu

Hubungi pihak yang menjadi langganan kamu untuk menghentikan kiriman sementara kamu meninggalkan rumah kamu.

Tumpukan barang langganan kamu di depan rumah dapat menjadi tanda bahwa kamu bepergian dalam waktu yang cukup lama.

18. Letakkan sendal di depan rumah

Tak perlu meletakkan sandal mahal, hanya sandal biasa sudah dapat mengelabui orang yang lewat bahwa kamu ada di rumah.

19. Jangan beritahu semua orang bahwa orang kamu sedang tidak ada penghuninya

Terdapat pula kasus kemalingan yang diakibatkan karena penghuni rumah mengupdate status rumahnya kosong dan kebetulan ada maling yang melihat kesempatan ini untuk beraksi.


Demikian 19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. 😁